Wisata dan Kuliner

5 Pilihan Minuman Berbuka Yang Sehat Dan Menyegarkan

(lifestyle.kompas.com)- Saat puasa, tubuh rentan kekurangan cairan. Kita wajib mencukupi kebutuhan cairan selama puasa saat sahur dan berbuka. Namun tak asal minum, kita perlu pilih minuman yang tak hanya menghilangkan rasa haus saat berbuka tetapi juga tetap menyehatkan.

 

Minuman yang menyehatkan bisa mengisi kembali energi yang hilang selama puasa. Lalu, apa saja aneka minuman buka puasa yang sehat dan menyegarkan yang bisa kita pilih?

 

1-Air putih

Air putih jadi menu wajib yang harus dikonsumsi tiap hari. Minum air putih saat berbuka membantu mencukupi kebutuhan cairan tubuh yang hilang setelah seharian berpuasa. Air putih paling ampuh  menghilangkan rasa haus. Meski hambar, air putih mengandung banyak manfaat bagi tubuh seperti:

 

Membantu tubuh bekerja normal sesuai fungsinya

Memberikan energi untuk otot

Menyehatkan kulit

Menjaga kesehatan ginjal

Membantu menjaga fungsi usus normal

Untuk itu, meminum segelas air putih saat berbuka cukup untuk menghilangkan rasa haus dan membasahi organ tubuh bagian dalam.

 

2-Air kelapa

Salah satu minuman yang bisa Anda pilih untuk berbuka puasa adalah air kelapa karena selain mampu menghidrasi tubuh juga mengisi kembali elektrolit yang hilang selama puasa. Elektrolit itu mineral yang berperan penting dalam tubuh termasuk menjaga keseimbangan cairan tubuh untuk mencegah dehidrasi.

Kalium, magnesium, mangan, natrium, dan kalsium itu mineral yang terkandung dalam air kelapa. Selain itu air kelapa kaya serat dan mengandung vitamin C. Dikutip dari The National AE, kalium jadi salah satu mineral yang baik untuk berbuka puasa.

 

Zat yang satu ini diperlukan tubuh untuk menjalankan berbagai fungsi tubuh, mengurangi risiko kram, dan menjaga keseimbangan elektrolit di tubuh. Karena itu, air kelapa bisa jadi minuman buka puasa yang segar dan menyehatkan.

 

3-Jus buah

Minuman berbuka puasa lainnya, jus buah. Berbagai kandungan vitamin dan mineral dalam buah bisa didapat dari buah-buahan favorit. Pisang, semangka, melon, bisa jadi pilihan menyegarkan bagi yang bosan dengan minuman lainnya. Ingat, usahakan tidak menambahkan gula terlalu banyak dalam jus supaya gula darah tak melonjak tajam. Kita bisa pakai madu atau gula rendah kalori sebagai pemanis.

 

4-Smoothies buah

Smoothies, minuman menyehatkan di antara aneka minuman buka puasa karena kaya vitamin dan mineral. Dalam smoothies kita bisa tambahkan susu dan yoghurt agar bercita rasa dan kenikmatan. Susu dan yoghurt rendah lemak mengandung kalsium dan vit-D yang baik untuk kesehatan tulang. Menjaga kesehatan tulang selama puasa sangat penting untuk membuat kita tetap aktif sepanjang hari.

 

5-Infused water

Infused water adalah minuman berbahan dasar air putih yang dibuat dengan menambah potongan buah ke dalamnya. Mnum infused water memberi kita nutrisi lebih dibanding minum air putih biasa. Kita bisa membuatnya saat sahur dan memasukkannya ke kulkas lebih dulu hingga waktu berbuka tiba. Infused water mampu menghidrasi tubuh dan memberi kesegaran maksimal dari buah-buahan favorit.

 

(Artikel ini telah tayang di Kompas.com dengan judul “5 Pilihan Minuman Buka Puasa yang Sehat dan Menyegarkan”, Editor : Wisnubrata; https://lifestyle.kompas.com/read/2018/05/21/165908120/5-pilihan-minuman-buka-puasa-yang-sehat-dan-menyegarkan)-FatchurR *

Tulisan Lainnya :

  • Tidak ditemukan tulisan
Tags

Related Articles

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *




Enter Captcha Here :

Back to top button
Close
Close