Kesehatan

8 Kerugian Akibat Marah Tidak Terkontrol

 (1health.id)-Saat ada hal yang mengganggu dan mengesalkan, Anda cenderung marah. Kemarahan ini bisa merembet hingga ke hal hal yang tidak ada sangkut pautnya dengan masalah utama. Itu kenapa banyak orang bilang marah itu bisa merugikan.

 

Kemarahan bentuk emosi yang pasti dialami semua orang. Setiap kali Anda marah, tubuh Anda memicu respons biologis yang dapat memengaruhi sistem tubuh secara serius dalam jangka panjang.

 

Bayangkan ketika Anda kesal. Anda marah, berteriak atau menjerit atau mencoba melampiaskannya. Tahukah Anda yang terjadi di dalam tubuh Anda? Otot Anda jadi tegang. Sistem pencernaan Anda berhenti sejenak. Kimia otak Anda diubah. Dan rangkaian perubahan lain dalam tubuh terjadi sampai Anda kembali normal. Dan percayalah, perubahan ini dapat sangat merugikan.

 

Konsekuensi dari perubahan dalam tubuh ketika Anda marah ini, bisa jadi kondisi medis serius dalam jangka panjang. Bahkan, jantung Anda bisa menjadi korban ketika kemarahan selalu menyelimuti Anda.

 

Mengelola kemarahan dan mengurangi tingkat stres penting untuk hidup yang lebih sehat. Jika Anda tidak percaya, berikut beberapa dampak negatif yang akan terjadi jika Anda tak mampu mengontrol amarah Anda:

 

Sakit kepala

Ketika Anda marah, Anda mungkin menderita sakit kepala yang parah. Kemarahan dapat membuat Anda stres dan menyebabkan sakit kepala.

 

Kurang tidur

Kondisi sulit tidur akan sangat umum terjadi jika Anda mengalami emosi kemarahan. Tingkat hormonal tubuh Anda berubah dan pikiran akan terus berpacu di kepala Anda tanpa membiarkan Anda beristirahat dan tidur.

 

Gelisah dan cemas

Tentu saja, kecemasan adalah salah satu efek samping dari emosi kemarahan yang meluap-luap. Kadar kortisol yang meningkat dapat disalahkan untuk kondisi ini.

 

Masalah pencernaan

Alasan utama di balik masalah pencernaan adalah, tubuh menghentikan beberapa aktivitas tertentu selama beberapa saat ketika Anda sedang mengalami kemarahan.

 

Masalah kulit

Sebuah penelitian mengungkapkan bahwa beberapa masalah kulit dapat dikaitkan dengan kemarahan yang dialami oleh seseorang. Kemarahan membuat Anda stres dan itu akan mengganggu sistem kekebalan tubuh Anda. Ini kemudian dapat berdampak negatif pada kondisi kulit Anda.

 

Tekanan darah tinggi

Jantung Anda mulai berdetak lebih kencang untuk memompa darah ke seluruh bagian tubuh, ketika Anda sedang marah. Ketegangan ini menyebabkan tekanan darah menjadi tinggi dalam jangka panjang.

 

Depresi

Sebuah penelitian baru-baru ini mengungkapkan bahwa orang yang cenderung marah setiap saat, dapat menderita depresi dalam jangka panjang.

 

Serangan jantung

Tahukah Anda fakta banyak orang menderita serangan jantung saat mereka marah? Inilah sebabnya mengapa mengendalikan amarah dengan baik sangat dibutuhkan untuk kesehatan jantung Anda.

(Article By Claudia Ramadhani; Bahan dari : https://www.1health.id/id/article/category/sehat-a-z/8-kerugian-akibat-amarah-yang-tidak-terkontrol-1.html)-FatchurR *

Tulisan Lainnya :

  • Tidak ditemukan tulisan
Tags

Related Articles

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *




Enter Captcha Here :

Lihat Juga
Close
Back to top button
Close
Close