Kesehatan

Mitos atau Fakta 8 penyebab Kanker

(id.theasianparent.com)-Parents pasti pernah baca artikel2 mengenai hal2 yang jadi penyebab kanker. Kadang, tak semua yang Anda baca itu menjabarkan fakta yang benar, beberapa hanya mitos. Sebelum membahas mengenai makanan dan benda penyebab kanker, lebih dulu Parents kenali soal kanker.

 

Tubuh dan penyebab Kanker

Setiap jenis kanker itu erbeda. Ada yang karena radiasi, sebagian disebabkan racun, dan atau karena virus. Beberapa hal, seperti merokok, sering dikaitkan sebagai penyebab kanker paru2. Ketika kita bicara penyebab kanker, bukan hanya karena satu hal saja.

 

Tidak ada batasan minimal berapa kali terpapar maka Anda akan kena kanker. Jadi sebaiknya kita sadari potensi bahaya yang ditimbulkan benda2 penyebab kanker. Artikel ini akan menjabarkan benda penyebab kanker yang mungkin berpotensi menyebabkan kanker, dan mungkin juga tidak. Namun, jika ada bukti baru, daftar ini akan berubah.

 

1-Cat Rambut

Ada artikel yang baru2 ini terbit dan seorang dokter menyatakan cat rambut dapat menyebabkan kanker payudara.

 

Fakta: Cat rambut yang diproduksi sebelum 1980 sangat mungkin menyebabkan kanker. Cat rambut keluaran kini lebih aman. Penata rambut di salon lebih berisiko karena terpapar tiap hari. Berdasar bukti, IARC Working Group disimpulkan penggunaan cat rambut untuk pribadi sesekali “tidak diklasifikasikan sebagai benda penyebab kanker terhadap manusia”. Referensi: NIH National Cancer Institute, USA.

 

Keputusan: Aman untuk penggunaan pribadi

 

2-Sosis dan daging Olahan

Daging olahan dijual dalam keadan tidak segar. Sebagai ganti, untuk menjaga agar daging olahan bertahan dengan diawetkan, diasap, diasinkan, atau diolah dengan cara tertentu (misalnya sosis, nugget, ham, kornet, dan pepperoni). Ini belum termasuk proses fisik : Pembekuan atau melunakkan dengan dicincang halus.

 

Fakta: Daging olahan, dan daging merah, dapat meningkatkan risiko kanker usus. Mengonsumsi 4 potong daging asap atau 1 potong hot dog sehari meningkatkan risiko kanker usus dan kanker pankreas hingga 18%.

 

Daging putih : Ikan, unggas, dan seafood tidak memiliki risiko itu.

Referensi: Penelitian Kanker, Inggris, Badan Kesehatan Dunia (WHO)

Keputusan: Batasi konsumsi daging olahan dan mulailah beralih ke daging segar.

 

3-BBQ (daging yang dibakar) dan daging yang di goreng

Daging merah dan daging asap diperkirakan menjadi penyebab kanker.

 

Fakta: Suhu tinggi daging digoreng atau dibakar menciptakan karsinogen di makanan. Sering mengonsumsi daging itu dapat menyebabkan kanker usus besar, pankreas, dan prostat. Daging merah juga meningkatkan risiko kanker saluran pencernaan. Referensi: World Cancer Research Fund

 

Keputusan: Jangan terlalu sering mengonsumsi daging, terutama jika dimasak dengan cara digoreng atau dibakar.

 

4-Microwave

Situs2 yang sepertinya terpercaya telah menyebarkan ketakutan bahwa microwave termasuk benda penyebab kanker. Banyak orang menjauh dari perangkat praktis ini karena takut efek buruk pada tubuh.

 

Fakta: Microwave menyebabkan perubahan makanan sama seperti metode memasak konvensional lain. Jadi, jika kita ikut petunjuk dengan benar, microwave tidak membahayakan tubuh atau merusak nutrisi.

Sama halnya kita memanaskan makanan dengan kompor. Jangan memanaskan ASI di microwave. Referensi: Cancer Council, Australia

 

Keputusan: Aman.

 

5-Plastik

Plastik mendapat reputasi buruk karena dianggap tak ramah lingkungan. Beberapa orang menghindari penggunaan plastik sesering mungkin. Banyak ortu takut menggunakan plastik, ditambah lagi karena mereka baca pesan berantai di email tentang bahaya plastik tanpa mengecek kebenaran faktanya.

 

Fakta: Plastik cukup aman. BPA tidak menyebabkan kanker.

 

Anda dapat memanaskan ulang makanan di plastik asalkan plastik itu aman untuk microwave. Bahan kimia plastik bisa tercampur dalam makanan dan air, tapi jumlahnya kecil. Plastik cling wrap pembungkus makanan tergolong aman, tapi hindari menggunakan di oven dan microwave.

 

Susu bisa dihangatkan dalam botol/wadah plastik, namun periksa dulu suhunya sebelum memberikannya pada bayi Anda. Referensi: Penelitian Kanker Inggris, Otoritas Keamanan Pangan Eropa

 

Keputusan: Gunakan dengan aman sesuai batasan.

 

6-Alkohol

Segelas wine saat makan malam dipercaya baik bagi kesehatan jantung.

Fakta; Segelas wine tiap hari berisiko kanker payudara pada wanita. Jika Anda sesekali meminumnya saat pesta, maka tidak masalah. Seseorang tak boleh mengonsumsi alkohol melebihi 80 ml per minggu.

Referensi: NHS, Inggris

Keputusan: Jangan minum alkohol setiap hari.

 

7-MSG (Monosodium Glutamate)

MSG adalah salah satu bahan ‘menakutkan’ yang ditemukan dalam mi instan favorit Anda, yang memberikan rasa gurih, berkaldu, dan lezat. Bahan yang satu ini secara khusus sering dikaitkan Sindrom Restoran Cina, di mana para pengunjung mengeluhkan mati rasa, lemas, mengantuk, mual, dan sakit kepala setelah mengonsumi makanan yang mengandung MSG.

 

Fakta: MSG aman jika digunakan secukupnya. Kandungan garam yang tinggi dalam mi instan bisa menyebabkan masalah kesehatan, namun tidak bersifat karsinogen atau menyebabkan kanker.

Referensi: Cancer Council, Australia Barat

Keputusan: MSG bukan penyebab kanker. Tapi, batasi mi instan pada anak untuk mencegah obesitas.

 

8-HP dan Wifi Router

Kita semua telah membaca email menakutkan maupun pesan berantai di WhatsApp tentang radiasi berbahaya dari handphone dan sinyal internet.

 

Fakta: Penelitian mengenai ponsel tidak konsisten. Penjelasan akan didapat seiring berjalannya waktu.

Konon, ada masalah jika anak-anak menggunakan handphone karena terpapar blue screen terlalu lama tidak baik untuk mereka. Router wifi maupun kabel listrik tidak memancarkan radiasi ion,

Gelombang radio yang dipancarkan oleh router wifi sangat rendah, sehingga tidak dapat menyebabkan kanker.

Referensi: NIH National Cancer Institute, USA; Penelitian Kanker Inggris

Keputusan: Batasi penggunaan handphone terutama pada anak-anak. Router wifi aman digunakan.

***

 

Kanker itu penyakit buruk. Namun, dengan mengubah gaya hidup, beberapa hal dapat dihindari.

Berusahalah menjaga kesehatan Anda dan juga anak2.

 

(*artikel disadur dari tulisan Anay Bhalerao, seorang dokter sekaligus ayah dari anak laki-laki, di the Asianparent Singapura; dan dari : https://id.theasianparent.com/mitos-fakta-benda-penyebab-kanker/amp)-FatchurR *

Tulisan Lainnya :

  • Tidak ditemukan tulisan
Tags

Related Articles

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *




Enter Captcha Here :

Lihat Juga
Close
Back to top button
Close
Close