Kesehatan

Perceraian tak baik untuk Jantung

KOMPAS.com- Tak ada pasangan yang ingin cerai. Tapi, bila dihadapkan kondisi itu, rasa sedih, terluka, yang menguras emosi, akan dirasakan mereka yang menjalani. Selain berdampak emosional, perceraian juga dapat menimbulkan risiko pada kesehatan jantung Anda. Terutama bagi kaum perempuan.

Penelitian terbaru yang dipublikasikan dalam jurnal Circulation menunjukkan, mereka yang bercerai cenderung untuk mengalami serangan jantung dibandingkan dengan sesamanya yang tetap berada dalam pernikahan.

Analisis terhadap lebih dari 15 ribu orang menunjukkan bahwa perempuanlah yang paling terpengaruh dan risikonya hanya berkurang sedikit saja bila mereka menikah lagi.

Sebelumnya, diketahui bahwa kematian orang terdekat yang disayangi dapat meningkatkan risiko serangan jantung. Sekarang, tim dari Duke University membuktikan hal serupa terkait perceraian.

Dalam studi ini dijumpai bahwa perempuan yang menjalani satu kali perceraian, 24% lebih cenderung mengalami serangan jantung. Risikonya menjadi 77% pada mereka yang mengalami perceraian beberapa kali.

Pada pria, ada risiko sedang 10% untuk yang bercerai satu kali dan meningkat risikonya menjadi 30 persen bagi yang bercerai beberapa kali. Namun, saat menikah kembali, risiko penurunannya relatif kecil bagi perempuan. Sementara bagi pria, hasilnya membaik.

Menurut Prof. Linda George, salah satu periset, pernikahan pertama memberi efek perlindungan bagi perempuan tapi sedikit tidak pasti setelahnya. Namun ketika terjadi perceraian, ada efek buruk yang terjadi. Perceraian menimbulkan stres kronis yang memiliki pengaruh jangka panjang terhadap tubuh.

“Pertimbangan saya adalah kita tahu bahwa distres psikologis merupakan tekanan konstan terhadap sistem imunitas, kadar inflamasi yang lebih tinggi, serta peningkatan hormon stres. Fungsi imunitas berubah menjadi buruk dan bila berlanjut selama bertahun-tahun, akan menimbulkan masalah fisiologis,” urainya.

Tapi, perlu dilakukan studi lanjutan sebelum mempertimbangkan perceraian sebagai faktor risiko yang signifikan untuk menyebabkan serangan jantung. (Diana Yunita Sari; http://health.kompas.com/read/2015/04/20/120000023/Perceraian.Tak.Baik.untuk.Kesehatan.Jantung)-FatchurR

Tulisan Lainnya :

  • Tidak ditemukan tulisan
Tags

Related Articles

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *




Enter Captcha Here :

Lihat Juga
Close
Back to top button
Close
Close