Islam

Lagi- Puasa dan Aktivitas Lancar selama Ramadan-Ini Tipsnya

(merdeka.com/infeed)- Tak terasa bulan Ramadan telah berlangsung relative lama dan Umat Islam menjalankan ibadah puasanya. Meski begitu, Ramadan bukan berarti harus rehat sepanjang hari dari aktivitas. Karena, kerja tak diliburkan. Supaya puasa dan aktivitas lancar, cobalah menerapkan kiat2 ini.

 

Jangan tinggalkan Sahur dan Buka Puasa

Sahur dan buka puasa jadi momen bagi tubuh mendapat asupan, setelah berpuasa beberapa jam. Maka, jangan meninggalkan makan sahur, agar tubuh tetap berenergi dan semangat beraktivitas. Selain itu, menyegerakan buka puasa dianjurkan oleh agama, dan bermanfaat memenuhi kalori tubuh yang hilang.

 

Atur Pola Tidur yang tepat

Boleh jadi, sahur dini hari, menyebabkan pola tidur terganggu. Bayangkan sedang pulas2nya tidur, malah harus bangun agar tak telat sahur. Hal itu bisa disiasati dengan tidur lebih awal. Dengan begitu, kegiatan tak sampai terganggu lantaran jam tidur kurang, hingga menyebabkan rasa kantuk sepanjang hari.

 

Sempatkan berolah raga

Puasa bukan jadi penghalang untuk ber-OR. Justru kalau kurang gerak, badan sering pegal2 karena keseringan dibuat tidur atau ber-malas2an. Itu berimbas ke produktivitas kerja, hingga aktivitas terhambat. Tak harus OR berat2, cukup ringan2 di pagi atau sore, seperti jalan kaki atau bersepeda. Jika ingin OR lebih intens, bisa dilakukan di malam hari.

 

Tetap perhatikan kondisi kesehatan

Bila ketiga poinitu diterapkan, maka kondisi kesehatan tubuh selama puasa terjaga. Untuk menghindari gangguan pencernaan, hindari makan2an berminyak, pedas dan berasa asam berlebihan saat berbuka dan sahur. Demikian juga takjil, jangan minum es terlalu banyak agar tak mengundang batuk dan flu. (Wuri Anggarini; Infeed; Bahan dari https://www.merdeka.com/infeed/mau-puasa-dan-aktivitas-sama-sama-lancar-selama-ramadan-begini-kiatnya-0727.html)-FatchurR

Tulisan Lainnya :

  • Tidak ditemukan tulisan
Tags

Related Articles

Leave a Reply

Your email address will not be published.

*

code

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

Lihat Juga
Close
Back to top button
Close
Close