Islam

Melihat Bir Tuwa Sumur Pemandian Nabi Setelah Beribadah Haji

(muslim.okezone.com)-BIR TUWA, dikenal Sumur Tuwa itu tempat terkenal di wilayah Jarwal, Makkah, Arab Saudi. Masyarakat setempat dan jamaah haji kerap mengunjungi tempat ini untuk mencuci buah-buahan, sayur-mayur, dan peralatan lainnya.

 

Dilansir The Islamic Information, (10/08/2020), ada tempat di Jarwal yang dinamakan Bir Tuwa atau Sumur Tuwa. Biasanya setelah beribadah haji, Nabi Muhammad SAW selalu berhenti dan mandi. Saat ini sumur itu ditata dengan memasang pembatas di sekelilingnya untuk mencegah adanya kerusakan.

 

Kembali ke tahun 630 Masehi, saat itu Makkah diserbu. Sebuah riwayat mengatakan Nabi Muhammad SAW banyak menghabiskan waktu di tempat ini. Lokasi Sumur Tuwa di jalan menuju arah Masjid Nabawi. Setiap tahun jama’ah haji ke sumur ini tempat wajib yang harus dikunjungi di Makkah.

 

Jangan ambil air disini untuk mandi dll. Sebab, pengunjung ke tempat ini makin bertambah dari tahun ke tahun dan membuat sesak tempat kecil ini. Tapi jika berencana mengunjunginya, bisa saja hanya melihat sumur dan merasakan atmosfer keberadaan Nabi Muhammad SAW yang dulu kerap ke  tempat ini.

 

Banyak jamaah memakai peta dan rute agar mudah menemukan dan berziarah ke tempat ini. Sejak Nabi Muhammad SAW mandi di tempat ini, air di Sumur Tuwa tampak selalu penuh dan jernih. Jika beribadah haji atau umrah, tempat ini jadi salah satu rekomendasi penting yang harus dikunjungi.

 

(Yudistira;  Bahan dari : https://muslim.okezone.com/read/2020/08/10/615/2259614/melihat-bir-tuwa-sumur-pemandian-nabi-setelah-ibadah-haji )-FatchurR *

Tulisan Lainnya :

  • Tidak ditemukan tulisan
Tags

Related Articles

Leave a Reply

Your email address will not be published.

*

code

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

Back to top button
Close
Close