Psikologi

Pentingnya Menata Kehidupan

Semua orang berharap agar dapat memperoleh sukses atau kemenangan. Sukses dunia dan sukses akhirat adalah sesuatu yang tidak dapat dipisahkan. Satu sama lain bagaikan sisi mata uang, menjadi tidak bermakna apabila salah satu sisinya hilang.

 

Sukses bukanlah sesuatu yang datang dengan tiba-tiba, melainkan sebuah perjuangan yang memerlukan perencanaan, ketersediaan informasi dalam memprediksi masa depan, dan ridho Allah tentunya.

 

Kesuksesan tidak hanya dilihat dari aspek duniawi, namun juga aspek ukhrawi. Sukses adalah kata-kata indah yang menjadi harapan semua orang. Sayangnya ia sangat selektif, tidak akan datang menghampiri setiap orang. Hanya orang-orang yang telah memenuhi syarat yang bisa mendapatkan sukses.

 

Sukses dapat diraih hanya dengan tindakan nyata yang penuh perjuangan dan pengorbanan. Kalau pun sukses sempat mendatangi orang yang menunggu, tapi itu hanya yang tersisa dari sekian banyak orang yang mengejarnya. Masalahnya, suksesnya sangat disenangi orang, tapi perjuangan dan pengorbanan inilah yang paling dibenci oleh kebanyakan orang.

 

Di samping kesuksesan, kita juga ingin berakhlak mulia, agar hidup kita bisa bahagia dan sejahtera, sehat lahir dan sehat batinnya. Suatu hari, pasti kita pernah memimpikan hal itu. Berbagai cara telah kita lakukan, namun yang datang kadang justru sebaliknya. Kata2 sukses yang diharapkan bukan mendekat, malah semakin menjauh, sehingga hidup ini dipenuhi dengan berbagai kecemasan dan kekhawatiran.

 

Mengapa nasib tidak juga berubah? Apa ada yang salah dalam cara berdoa dan berikhtiar? Sesuai dengan firman-Nya dalam surat Al Rad ayat 11, Allah membuka rahasia besar kepada setiap diri manusia yang ingin menggapai sukses, bahwa sesungguhnya Allah tidak akan mengubah keadaan sesuatu kaum sehingga mereka mau mengubah keadaan yang ada pada diri mereka sendiri.

 

Ayat ini seharusnya mengilhami pada kita kerja keras dan berjuang tiada henti itu hal yang harus kita lakukan, termasuk pada orang yang sudah pensiun. Tidak boleh malas atau berpangku tangan. Allah akan membuka pintu rezeki se-luas2nya bagi hamba-Nya yang senantiasa mentaati ayat2-Nya. Allah akan memberikan jalan keluar dari kesulitan, dan akan memberi rezeki dari arah yang tidak di-sangka2.

 

Dari rahasia tersebut memberikan pemahaman kepada kita, bahwa perubahan hidup menuju yang lebih baik hanya akan datang kepada orang yang mau berusaha dengan penuh kesadaran, kesabaran, dan keuletan. Disarikan dari buku: Jangan Terlena di Zona Nyaman; Penulis: Muchtar A.F; Penerbit: Yrama Widya, Bandung.; Kunjungi kami di: www.startc.co; Instagram, FB & YouTube: Muchtar A.F)-FR

Tulisan Lainnya :

  • Tidak ditemukan tulisan
Tags

Related Articles

Leave a Reply

Your email address will not be published.

*

code

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

Lihat Juga
Close
Back to top button
Close
Close