Kesehatan

Kecanduan Mobile Legends-dan Tips kurangi kerusakan Mata

(health.detik.com)-Jakarta; Beberapa kali diberitakan orang2 mengalami masalah mata karena terlena main game di ponsel. Sebagai contoh pengguna FB belakangan viral setelah mengunggah foto dirinya dengan mata bengkak setelah sering bagadang main game Mobile Legends.

Terkait hal itu dokter mata membenarkan masalah kelelahan mata dapat terjadi akibat terlalu lama di depan layar. Oleh karena itu sebaiknya orang2 lebih baik menjaga indra penglihatan dengan melakukan langkah pencegahan. Berikut contoh2 yang dirangkum detikHealth

 

1-Atur Cahaya

Supaya mata tidak cepat lelah, sebaiknya atur cahaya gawai agar lebih nyaman. Jika cahaya layar terlalu rendah maka mata bekerja ekstra keras untuk fokus sehingga lebih cepat lelah. Bila layar juga terlalu terang maka hal yang sama bisa terjadi.

Para pakar kesehatan mata percaya kecerahan layar gadget yang ideal itu tergantung pada cahaya ambient atau cahaya di sekitar.

 

2-Berkedip

dr Elvioza, SpM(K), dari Jakarta Eye Center (JEC) mengatakan rata2 frekuensi seseorang berkedip akan berkurang 25-30% ketika menatap layar. Akibatnya mata jadi cepat kering mudah iritasi. Selalu ingat  berkedip bila perlu sesekali tidak ada salahnya menggunakan obat tetes agar kelembapan mata terjaga.

 

3-Melihat jauh

Saat melihat layar dari jarak dekat maka otot mata menegang bekerja mengatur cahaya yang masuk. Agar mata tidak lelah dr Elvioza sarankan agar setelah 1-2 jam alihkan pandangan dari layar dan melihat objek di kejauhan sekitar 10 menit.

“Prinsipnya mata bekerja kalau kita melihat dekat. Berati semakin jauh kita melihat mata istirahat. Kalau kita melihat ponsel terus menerus berarti bekerja terus menerus,” ujarnya.

 

4-Makan buah dan sayur

Hal lain mencegah kerusakan mata akibat terlalu sering menatap layar itu rajin mengonsumsi beragam buah dan sayur. Menurut dr Elvioza tidak ada asupan tertentu yang harus dikonsumsi untuk mata karena semua buah atau sayur tidak ada yang memiliki keseimbangan nutrisi sempurna.

“Sayur semuanya bagus yang penting itu bervariasi. Jadi jangan makan itu terus bagusnya ya bervariasi jadi semua kebutuhan terpenuhi,” pungkas dr Elvioza.

 

5-Pakai Kacamata

Bila perlu beberapa kacamata yang ada di pasaran sengaja dibuat untuk melindungi pemakainya dari paparan radiasi cahaya layar gawai. (Fds/Up; Firdaus Anwar; Bahan dari : https://health.detik.com/berita-detikhealth/d-4124194/kecanduan-mobile-legends-ini-5-tips-mengurangi-risiko-kerusakan-mata)-FatchurR *

Tulisan Lainnya :

  • Tidak ditemukan tulisan
Tags

Related Articles

Leave a Reply

Your email address will not be published.




Enter Captcha Here :

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

Back to top button
Close
Close