Selingan

Pengemudi Ojek Online Nonton Piala Dunia-2018

(bola.kompas.com)-Jakarta; Foto2 driver ojek online menonton Piala Dunia (PD)-2018 di Rusia viral di medsos. Pria yang ada di foto itu adalah Roy Sunandar. Ia berasal dari Jakarta Selatan. Saat dihubungi Kompas.com, ia mengatakan, berprofesi driver ojek online selama tiga tahun terakhir.

 

Sejak itu, ia menabung setiap bulan Rp 1 juta selama 3 tahun. Uang ini disisihkannya sebagai tabungan untuk menyaksikan PD-2018. Anggaran yang dipatok Rp 30 juta, di luar uang tiket pertandingan. “3 tahun lalu saya gabung Gojek, Hasilnya lumayan. Saya berpikiran uang tabungan akan saya gunakan  nonton Jerman di PD langsung” kata Roy ke Kompas.com (2/7/18).

 

Roy mempersiapkannya sejak Februari-2018. “Paspor di urus bulan Februari, selesai awal Maret 2018. Saya daftar online, kuota selalu full, saya selalu cek pagi, siang, malam, dapat juga”. Tiket pertandingan dibeli online. Tiket itu dikirim melalui jasa pengiriman internasional dan tiba di Indonesia tiga hari kemudian. Roy berangkat (25/6/18), dan akan kembali ke Tanah Air pada 20/7/2018.

 

“Saya bingung, ini perjalanan pertama ke luar negeri, berapa lama, menginap di mana, sebab kota penyelanggara jauh2, dan pertandingan Jerman yang saya tonton bukan di ibu kota, bagaimana cara beli tiket pesawat” tuturnya. “Saya telpon ke embassy. Katanya kalo buat nonton PD visa gratis, gak usah urus di sini. Cukup beli salah satu tiket pertandingan apapun lalu buat Fan-ID” kata dia.

 

Roy mengurus Fan ID online di situs web resmi. Bagi pemegang Fan ID, dapat fasilitas gratis penggunaan kendaraan umum saat ada pertandingan. “Fan ID bisa gratis free ride, bis, metro juga kereta jauh antara kota penyelenggara saat ada pertandingan,” kata Roy. Selama di Rusia, ia menginap di hostel. Roy menceritakan, selama di Rusia, belum menemukan nasi.

 

Setiap hari, ia makan roti, kebab, salad, dan bekal mie instan yang dibawanya. Kenapa membawa jaket ojek online ke Rusia, “Saya bangga karya anak bangsa, tabungan saya hasil dari bermitra dengan Gojek”. Keluarga dan teman2nya merespons positif perjalanan itu menyaksikan pertandingan PD. “Keluarga dan teman mendukung, karena hasil sendiri dan tujuannya baik,” lanjut Roy.

(Artikel ini telah tayang di Kompas.com dengan judul “Kisah Pengemudi Ojek Online Nonton Piala Dunia di Rusia”, Penulis : Mela Arnani; Editor : Jalu Wisnu Wirajati;    https://bola.kompas.com/read/2018/07/02/20044038/kisah-pengemudi-ojek-online-nonton-piala-dunia-di-rusia)-FatchurR *

 

** Cara menggapai cita2 itu yang patut diteladani (FR)

Tulisan Lainnya :

  • Tidak ditemukan tulisan
Tags

Related Articles

Leave a Reply

Your email address will not be published.




Enter Captcha Here :

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

Back to top button
Close
Close