Iptek dan Lingk. Hidup

Tips merekam Video di Smartphone

(m.liputan6.com)-Jakarta; Selain kamera, fitur perekaman video di smartphone telah mengalami peningkatan dibanding dengan ponsel2 terdahulu. Kemampuan perekaman 4K sampai kemampuan HDR jadi fitur yang gampang ditemui di ponsel2 andalan.

 

Karena itu, tak jarang seseorang memanfaatkan perangkat smartphone-nya untuk ambil video. Selain lebih mudah dan ringkas, video yang direkam bisa langsung diedit atau diunggah melalui aplikasi yang tersedia. Di balik kecanggihan teknologi tetap dibutuhkan seseorang di belakangnya untuk memastikan kualitas video tetap baik dan berkualitas bagus.

 

Untuk itu, tim TeknoLiputan6.com memberi lima tips mudah merekam video berkualitas apik dan profesional cukup dengan smartphone Android seperti dikutip dari laman Android Pit, Senin (9/7/2018).

 

1-Ketahui posisi Mikrofon di Smartphone

Sebelum ambil gambar, pastikan posisi mikrofon di smartphone yang digunakan. Hal ini dilakukan agar mikrofon yang berfungsi menangkap suara tak tertutup tangan. Akibatnya, tak jarang kualitas gambar yang baik tak didukung audio mumpuni, sehingga hasil video keseluruhan tak cukup memuaskan.

 

2-Gunakan Dua Tangan

Salah satu trik mudah ambil video dalam keadaan stabil dengan menggunakan dua tangan. Karenanya, untuk memastikan gambar yang dihasilkan baik gunakan cara ini. Lewat cara ini, kejadian2 seperti transisi kasar atau tiba2 dapat dihindari jika ponsel yang dipegang tetap dalam keadaan kokoh.

 

3-Jangan pakai Zoom Digital

Ada baiknya hindari penggunaan zoom digital saat ambil video, karena dapat menyebabkan kualitas gambar yang dihasilkan tak lagi tajam. Karenanya, ketimbang pakai zoom lebih baik dekati objek yang ingin direkam. Pastikan smartphone tetap dalam kondisi stabil agar hasil tangkapan gambar sempurna.

 

4-Pilihg Lokasi dengan Kontras yang tak terlalu tinggi

Sebelum mulai merekam video, perhatikan pencahayaan di lokasi. Hati2 bila pencahayaan wilayah itu terlalu terang atau gelap. Biasanya smartphone sulit menyeimbangkan pencahayaan di wilayah itu sehingga rekaman kadang tak begitu jelas. Posisikan diri di tempat dengan kontras yang tak tinggi.

 

5-Latih pengambilan Gambar

Cobalah menemukan ritme sempurna dan tepat saat merekam termasuk mempertahankan kecepatan konstan. Juga coba tak mengambil gambar ter-putus2, baik dari atas atau bawah. Kecepatan pergerakan kamera memegang kunci. Coba pengambilan gambar2 dengan kecepatan berbeda dan pilih metode yang lebih baik.

 

Cukup mudah bukan? Selamat mencoba. (Jek/Ysl; Jeko IR; Bahan dari :  https://m.liputan6.com/tekno/read/3582281/5-tips-merekam-video-ala-profesional-di-smartphone-android?utm_source=Digital+Marketing&utm_medium=Partnership&utm_campaign=Line)-FatchurR *

Tulisan Lainnya :

  • Tidak ditemukan tulisan
Tags

Related Articles

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *




Enter Captcha Here :

Back to top button
Close
Close