Psikologi

Hukum Saling Keterhubungan

Di satu desa di Osaka, Jepang, terdapat petani yang menanam jagung² unggulan & seringkali memenangkan penghargaan tingkat nasional kategori :  Jagung terbaik sepanjang musim. Suatu hari, wartawan dari koran lokal mewawancara untuk menggali rahasia kesuksesan petani ini.

 

Wartawan itu menemukan bahwa petani itu selalu membagikan benih jagungnya ke tetangga2nya. “Bagaimana Anda bisa berbagi benih jagung dengan tetangga Anda, lalu bersaing dengannya dalam kompetisi yang sama setiap tahunnya?” Tanya wartawan penuh rasa heran & takjub.

 

“Tidakkah Anda mengetahui angin menerbangkan serbuk sari dari jagung yang akan berbuah & membawanya dari satu ladang ke ladang lain. Jika tetangga saya menanam jagung jelek, maka kualitas jagung saya akan menurun ketika terjadi serbuk silang.

 

Jika saya ingin menghasilkan jagung kualitas unggul, saya harus bantu tetangga untuk menanam jagung yang bagus jawab si Petani. Petani ini sadar hukum “saling keterhubungan” (law of attraction) di kehidupan. Dia tidak dapat meningkatkan kualitas jagungnya, jika dia tidak membantu tetangganya.

 

Dalam kehidupan ini, jika kita ingin menikmati kebaikan, kita harus memulai menabur kebaikan kepada orang2 di sekitar kita. Jika kita ingin bahagia, maka kita harus menabur kebahagiaan untuk orang lain. Jika kita ingin hidup berkemakmuran, kita harus berupaya meningkatkan taraf hidup orang2 sekitar kita.

 

Jika kita tebar keburukan-kejelekan ke orang2 di sekitar kita. Maka percayalah, keburukan dan kejelekan itu niscaya menyelimuti hidup kita. Kita tidak mungkin jadi pribadi sukses, jika kita tidak berhasil menabur dan menebar kebaikan pada orang2 sekitar. Kualitas Kita Ditentukan Orang2 di Sekitar. Orang yang cerdas itu sejatinya adalah orang yang mencerdaskan orang lain.

 

Begitu pula orang baik adalah orang yang mau berbuat baik utk orang lain. Menjadi orang penting itu baik, tapi jadi orang baik itu lebih penting. Semoga kita dapat terus berupaya untuk:

– berhati bersih, – berfikiran jernih, – berkata baik, dan – berperilaku positif. – berbuat amal yg terbaik.

#AyoSelaluBerbuatygTerbaik. (Muchtar AF; dari grup WA-VN)-FR

Tulisan Lainnya :

  • Tidak ditemukan tulisan
Tags

Related Articles

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *




Enter Captcha Here :

Lihat Juga
Close
Back to top button
Close
Close