Opini dan sukses bisnis

Jack Ma diterima Istana

Sabtu 1/9/2018, Presiden kedatangan tamu istimewa, Jack Ma, pendiri group Alibaba, China, di Istana Bogor. Mereka asyik bercengkrama sambil membicarakan tentang peta jalan e commerce di Indonesia.

 

Sekadar info, Alibaba mengakuisisi LAZADA senilai USD 3,5 Milyar. TOKOPEDIA USD 1,1 Milyar. SHOPEE yg jadi pesaing TOKOPEDIA dan LAZADA di 3 besar marketplace terbanyak penggunanya di negeri ini dimiliki Chris Feng dari Singapura.

 

Data dari BI, total transaksi marketplace di Indonesia Rp. 75 Trilyun hanya tahun 2017.  Konsumennya 24,7 jt orang. Dari total transaksi ini, 80% produk yg ditransaksikan itu produk asing, dan 20% produk dalam negeri. Tahun 2018, angka transaksi diproyeksikan membesar,  dan persentase produk makin pincang. Diperkirakan tahun ini nilai transaksi 100 T dgn persentase produk asing 90% dan lokal 10%.

 

Tahukah Anda mereka memperlakukan pasar kita yg sangat besar ini?  Istimewa,  milyaran dollar mereka telah dan siap dikucurkan lagi utk menguasai pasar e commerce kita.  Ya,  di negara2 ASEAN,  Indonesia itu pasar terbesar, bahkan 87% dari total pasar e commerce Asia Tenggara.

 

Pertanyaannya, bagaimana Anda sekarang mau menyikapinya, tambah khawatir, tambah bingung, atau mau ikut berperan di dalamnya? Tapi peran apa ya?

 

Jangan bingung, kita orang2 yg sdh pangsiun, nikmati saja hidup ini dg banyak2 bersyukur, seperti  senang bersilaturahim, berbagi ilmu, dan aktif di Komunitas P2Tel-BPTg. Semakin banyak bersyukur, semakin banyak nikmat yg akan kita dapatkan. (Muchtar AF; dari grup WA-VN)-FR

Tulisan Lainnya :

  • Tidak ditemukan tulisan
Tags

Related Articles

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *




Enter Captcha Here :

Lihat Juga
Close
Back to top button
Close
Close