Kesehatan

Membangkitkan energi tubuh tanpa Ngopi

(lifestyle.kompas.com)-Kopi jadi senjata ampuh untuk mengusir kantuk dan membangkitkan energi. Minuman ini berkafein yang membuat kita lebih waspada sehingga bisa beraktivitas dengan baik. Terlalu banyak minum kopi tidak baik. Meningkatkan energi kembali (siang hari), ikuti tipsnya berikut ini.

 

1-Makan Permen Karet

Permen karet bukan hanya menyegarkan napas, juga membangun kembali energi yang hilang. Kenapa? Mengunyah permen karet dapat meningkatkan detak jantung. Artinya, makin banyak darah kaya oksigen mengalir ke otak. Selain itu, rasa permen karet terutama rasa mint memberi rasa dingin pada mulut sehingga merangsang sistem saraf jadi lebih waspada.

 

2-Tidur siang sebentar
Kurangnya energi bisa membuat kita mengantuk. Memilih tidur siang bisa jadi pilihan tepat. Tidur siang meningkatkan suasana hati, kewaspadaan dan kinerja. Tapi ingat, tidur siang yang paling efektif adalah 20- 40 menit, jangan lebih. Tidur terlalu lama membuat kita lebih mengantuk dan kadang membuat kepala pusing.

 

3-Pijat Telinga

Saat tubuh tak bersemangat, tidak ada salahnya mencoba memijat tubuh, terutama bagian telinga. Dalam teknik refleksiologi, memijat telinga dapat mengalirkan energi dan meningkatkan kewaspadaan. Caranya, tekan bagian tepi luar telinga dengan ibu jari dan telunjuk. Lakukan pijatan ini 10-30 detik, setiap kali tubuh lemas.

4-Cusi Muka dengan air dingin
Sama seperti sensasi mint dari permen karet, cuci muka dapat menyegarkan dan meningkatkan kewaspadaan. Air dingin yang mengenai wajah merangsang pernapasan dalam sehingga tingkat oksigen di tubuh meningkat. Cuci muka juga memungkin kita untuk berjalan ke kamar mandi. Walau terlihat sepele, berjalan juga bisa jadi cara untuk meningkatkan suasa hati dan energi.

(Artikel ini telah tayang di Kompas.com; dengan judul “Cara Bangkitkan Energi Tubuh Tanpa Harus Ngopi”, Editor : Wisnubrata; Bahan dari : Hello Sehat dan https://lifestyle.kompas.com/read/2018/08/28/070700420/cara-bangkitkan-energi-tubuh-tanpa-harus-ngopi)-FatchurR

Tulisan Lainnya :

  • Tidak ditemukan tulisan
Tags

Related Articles

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *




Enter Captcha Here :

Back to top button
Close
Close