Kesehatan

5 Cara Mencegah Keinginan Untuk Kembali Merokok

(merdeka.com)- Usai berhenti merokok, mungkin ada masalah ybisa ang membuat kesulitan  menghindarinya. Hal ini bisa membuat Anda yang tengah berusaha berhenti dari kebiasaan buruk itu kembali lagi melakukannya.

 

Merokok itu kebiasaan buruk yang tidak hanya merusak diri namun juga orang sekitar. Merokok juga bisa membuat Anda mengalami penyakit yang berat dan berbahaya. Merokok bisa menyebabkan masalah kesehatan serius seperti penyakit jantung dan kanker. Selain itu bisa menyebabkan disfungsi ereksi pada pria dan kesulitan hamil pada wanita.

 

Mengingat bahayanya dampak  merokok ini, maka penting untuk benar-benar berhenti total ketika kamu telah meninggalkan rokok. Dilansir dari The Health Site, berikut sejumlah cara yang bisa kamu lakukan agar tidak kembali merokok.

 

1-Banyak Beraktivitas

Duduk diam meningkatkan keinginan kembali merokok. Ketika mengalami hal ini, lakukanlah aktivitas seperti berjalan di luar selama lima menit dan ambil napas dalam-dalam. Beraktivitas bisa memperoleh lebih banyak udara yang keluar masuk paru-paru. Meningkatnya aliran udara ini bisa menurunkan keinginan merokok yang muncul pada dirimu.

 

2-Minum air putih

Kurang minum air putih bisa menyebabkan dehidrasi yang memicu rasa cemas dan bisa membuat Anda berpaling kembali merokok. Minum air putih berjumlah cukup dapat membantu terhindar dari keinginan merokok.

 

3-Konsumsi kudapan sehat

Keinginan merokok bisa muncul lebih kuat ketika gula darah turun. Hal ini bisa terjadi karena keinginan mengonsumsi gula sering disalahpahami sebagai keinginan merokok. Untuk mencegah hal ini, sebaiknya Anda mengonsumsi sejumlah cemilan sehat seperti buah atau yogurt.

 

4-Mengunyah sesuatu

Mengunyah atau mengulum permen dapat membuat mulut tetap sibuk sehingga Anda melupakan keinginan merokok. Sebagai pilihan sehat, Anda bisa mengonsumsi permen bebas gula atau juga ngemil makanan sehat seperti sayuran, buah-buahan, kacang-kacangan, atau kuaci.

 

5-Terapi pengganti Nikotin

Jika keinginanmu untuk merokok tak kunjung hilang, maka sebaiknya segara berkonsultasi dengan dokter. Kamu bisa melakukan terapi pengganti nikotin seperti menggunakan permen karet, pelega tenggorokan, atau inhaler yang bisa menghilangkan keinginanmu untuk merokok.

 

Berbagai cara itu bisa kamu lakukan untuk menghentikan keinginan kembali merokok. Berhenti merokok merupakan salah satu cara terbaik untuk mencegah sejumlah masalah kesehatan muncul pada dirimu.

 

(RWP; Rizky Wahyu Permana; Bahan dari : https://www.merdeka.com/sehat/5-cara-mencegah-munculnya-keinginan-untuk-kembali-merokok.html)-FatchurR *

Tulisan Lainnya :

  • Tidak ditemukan tulisan
Tags

Related Articles

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *




Enter Captcha Here :

Back to top button
Close
Close