Kesehatan

Marah tak terkendali-siap dengan dampak buruk

Jakarta-Banyak yang menganggap meluapkan amarah bisa redakan sifat alamiah manusia itu. Tapi jangan buru2 yakin, sebab dampak buruk malah bisa dialami jika bisa mengendalikannya. Inilah dampak buruk amarah tak terkendali:

Sakit kepala
Jangan heran jika tiba-tiba sakit kepala muncul saat marahmarah. Otot-otot yang tegang dan juga perubahan bahan kimia di otak saat marah bisa menjadi pemicu sakit kepala.

Sulit tidur
Menjadi susah tidur sering kali terjadi pada orang yang sedang dalam kemarahan. Saat marah, tingkat produksi hormon di tubuh mengalami perubahan dan membuat Anda sulit tidur.

Rasa cemas
Rasa cemas maupun gelisah adalah efek samping paling umum terjadi saat marah. Tingginya kadar kortisol dalam tubuh saat marah membuat Anda mudah cemas.

Masalah pencernaan
Efek dari kemarahan ternyata sampai mengganggu sistem pencernaan. Mengapa? Hal ini karena sistem tubuh akan berhenti seketika saat sedang marah.

Tekanan darah tinggi
Saat marah, tubuh menjadi tegang sehingga bisa memicu tekanan darah tinggi. Dampak tekanan darah tinggi bisa berujung pada penyakit stroke.

Depresi
Sebuah penelitian mengungkapkan orang sering marah, dalam jangka panjang mengalami depresi. Untuk itu, kelolalah emosi. (bbk; Koran Sindo; https://lifestyle.sindonews.com/read/1186685/155/amarah-tak-terkendali-siap-siap-terima-dampak-buruk-1489035797)-FatchurR

Tulisan Lainnya :

  • Tidak ditemukan tulisan
Tags

Related Articles

Leave a Reply

Your email address will not be published.




Enter Captcha Here :

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

Back to top button
Close
Close