Kesehatan

Salmon mencegah risiko Penyakit Jantung

(lifestyle.sindonews.com)-Los Angeles; Mengkonsumsi ikan yang mengandung lemak 4x dalam seminggu dapat membantu meningkatkan jumlah kolesterol baik yang mampu mencegah risiko penyakit jantung.

Dilansir Zeenews, ikan berlemak meningkatkan ukuran dan komposisi lipid dari partikel high-density lipoprotein (HDL) yang dikenal sebagai kolesterol baik pada orang yang memiliki gangguan metabolisme glukosa. Ikan memiliki lemak tinggi, seperti salmon, mackerel, herring, sarden, dan tuna.

Di sisi lain, membiasakan diri menggunakan 30 ml minyak camelina, kaya asam alfa-linolenat yang asam lemak omega-3, juga bisa mengurangi jumlah partikel Intermediate-density lipoprotein (IDL) berbahaya atau dikenal kolesterol jahat.

Dalam penelitian yang diterbitkan Jurnal Molecular Nutrition & Food Research, tim melibatkan 100 orang usia (40 – 72) yang memiliki  gangguan metabolisme glukosa.

Peserta penelitian secara acak dibagi 4 kelompok untuk intervensi 12 minggu. Dari 4 kelompok itu, yakni kelompok yang biasa menggunakan minyak camelina, kelompok yang mengonsumsi ikan berlemak, kelompok ikan tanpa lemak, dan kelompok kontrol.

Dari uji coba itu ditemukan orang2 yang berada dalam kelompok minyak camelina dan ikan berlemak, menunjukkan HDL yang berpotensi lebih tinggi dan tingkat kolesterol IDL yang lebih rendah.

Sebaliknya, makan ikan tanpa lemak, tidak terkait perubahan dalam jumlah, ukuran atau komposisi partikel lipoprotein. (tdy; Inin Nastain; Bahan dari :  https://lifestyle.sindonews.com/read/1299580/155/ikan-salmon-cegah-risiko-penyakit-jantung-1524231756)-FatchurR

Tulisan Lainnya :

  • Tidak ditemukan tulisan
Tags

Related Articles

Leave a Reply

Your email address will not be published.

*

code

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

Lihat Juga
Close
Back to top button
Close
Close