Kesehatan

Ingin Tulang Sehat Hindari Makanan Ini

 (1health.id)-Untuk menjaga tulang agar tetap kuat, Anda disarankan mengonsumsi makanan dan minuman kaya kalsium dan vitamin D. Selain itu, Anda juga perlu mendapat sinar matahari, agar tulang bisa menyerap vitamin D dengan sempurna.

 

Namun, tanpa disadari, beberapa makanan berikut justru berisiko sebaliknya. Makanan atau minuman ini justru bisa mempercepat pengeroposan tulang.

 

1-Garam

Makanan dengan kandungan garam tinggi menghambat penyerapan kalsium tulang. Ini karena natrium  dalam garam meningkatkan jumlah kalsium yang dikeluarkan saat buang air kecil. Makin banyak garam dikonsumsi, maka makin banyak kalsium keluar. Makanan yang mengandung garam termasuk makanan awetan, biasanya berbentuk kemasan.

 

2-Minuman bersoda

Hampir semua minuman bersoda mengandung zat asam fosfat. Seperti garam, zat ini meningkatkan keluarnya kalsium melalui air seni. Minuman bersoda tak mengandung kalsium atau zat penting lain bagi tubuh. Sehingga terlalu banyak konsumsi minuman ini sama saja merugikan kesehatan Anda.

 

3-Minuman berkafein

Walau jumlah kalsium yang diserap kafein tak sebanyak garam, namun bagi pencinta kopi yang berisiko osteoporosis, minuman ini bisa jadi masalah besar. Sekitar 6 mg kalsium akan diambil dari tulang, setiap kali Anda meminum 100 mg minuman berkafein.

 

Bayangkan bila Anda mengonsumsi bergelas-gelas minuman berkafein. Akan lebih banyak lagi kalsium yang diambil dari tulang. Sementara itu, menambahkan sedikit susu ke kopi tidak banyak membantu untuk menggantikan kalsium yang hilang.

 

4-Alkohol

Terlalu banyak mengonsumsi minum beralkohol bisa memperparah kondisi osteoporosis. Ini karena alkohol dapat menghambat keseimbangan kalsium dengan menghambat enzim yang mengaktikan vitamin D yang dibutuhkan untuk menjaga kesehatan tulang.

 

(Article By Mahmur Marganti; Bahan dari : https://www.1health.id/id/article/category/diet-dan-nutrisi/ingin-tulang-sehat-hindari-makanan-ini.html)-FatchurR *

Tulisan Lainnya :

  • Tidak ditemukan tulisan
Tags

Related Articles

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *




Enter Captcha Here :

Lihat Juga
Close
Back to top button
Close
Close