Kesehatan

Masker Membuat Jadi Bau Ini Penyebab Dan Mengatasinya

(merdeka.com)-  Ketika memakai masker tiap hari, masalah bau mulut merupakan hal yang kerap kita alami. Hal ini membuat kita menyadari munculnya bau mulut akibat makanan yang baru kita konsumsi.

 

Hal ini kadang membuat kita jadi berpikir apakah setiap hari bau mulut ini muncul namun kita tak menyadarinya. Hal ini kadang membuat kita menjadi minder atau cemas dengan kondisi kesehatan kita.

 

“Ketika masker menutupi hidung dan mulut, konsentrasi dari beragam bau napas meningkat hingga kita bisa menciumnya,” terang dr Edwin Chng, direktur medis dari Parkway Shenton, Singapura, dilansir dari Channel News Asia. “Tanpa masker, ketika seseorang mengalami bau mulut, kadang dia tidak menyadarinya,” sambungnya.

 

Munculnya bau mulut

Munculnya bau mulut ini mulai dari keberadaan bakteri di mulut sepanjang waktu. “Ketika  bernapas, terutama dengan mulut kita, kelembapan dan udara yang diproduksi bakteri terperangkap di Kain masker. Ketika percikan ini mengering, mereka menyisakan bau pada kain masker,” terang dr Koh Chu Guan, dari National Dental Centre Singapore’s Department of Restorative Dentistry.

 

“Jenis kain mungkin tidak berpengaruh. Jika materialnya tipis dan berpori, maka lebih sedikit udara dan kelembapan terperangkap dan penggunanya tidak menyadari halitosis”. Saat pakai masker bisa jadi Anda bernapas pakai mulut. Hal ini menyebabkan efek kering. “Mulut yang lebih kering, terutama ketika Anda kurang minum air bisa menyebabkan bau napas,” terang dr Koh.

 

Beda Halitosis dan bau mulut akibat masker

Untuk membedakan halitisos dengan bau napas akibat masker, copot masker dan coba embuskan pada tangan melalui mulut. Bau ini tidak bakal muncul jika disebabkan masker. Jika Anda memiliki masalah halitosis, menggunakan masker tak akan memperparah kondisi. Bau mulut ini bisa jadi lebih parah ketika Anda merokok atau mengonsumsi alkohol.

 

Cara menghilangkan Bau Mulut akibat masker

Untuk menjaga bau mulut tetap segar atau meminimalisasi baunya, konsultasi rutin ke doter gigi. Masalah ini kadang muncul akibat kondisi gigi atau gusi yang tidak beres. Selain menyikat, disarankan melakukan flossing atau membersihkan lidah. “Lidah salah satu sumber halitosis. Sebagian besar bakteri di lidah terutama di bagian belakangnya,” terang dr Chng.

 

Perhatikan makanan yang dikonsumsi. Hindari makanan penyebab munculnya bau mulut seperti makanan tinggi karbohidrat, makanan manis, dan makanan lain yang memunculkan bau mulut.  Jika Anda harus banyak bicara, disarankan banyak minum air. Anda juga bisa mengonsumsi permen pelega tenggorokan atau berkumur menggunakan mouthwash.

 

(RWP; Rizky Wahyu Permana; Bahan dari :  https://www.merdeka.com/sehat/pakai-masker-buat-napas-jadi-bau-ini-penyebab-dan-cara-mengatasinya.html)-FatchurR *

Tulisan Lainnya :

  • Tidak ditemukan tulisan
Tags

Related Articles

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *




Enter Captcha Here :

Back to top button
Close
Close