Kesehatan

Cara tepat memperkuat otot

Di usia Lansia begini, banyak informasi bahwa teman2 kebagian penyakit atau gejala2 ketidak sempurnaan fisiknya. Salah satunya yang bertalian dengan gangguan otot. Berikut ulasan tentang tindakan pencegahan tentang gangguan otot, dari suatu sumber silahkan :

 

Jakarta, OR untuk memperkuat otot banyak dihindari karena dianggap melelahkan dan menyakitkan. Ternyata, cara yang benar memperkuat otot tanpa pegal2 berikut ini.

Untuk memperkuat otot, umumnya orang melakukan sejumlah pengulangan atau repetisi gerak dengan beban yang bertahap makin ditingkatkan. Cara ini membuat otot2 pegal, sehingga banyak orang kapok.

Kini, pakar mengungkap bahwa beban ringan bisa ber-efek setara jika gerakannya dilakukan lebih menghentak atau eksplosif. Otot menjadi lebih kuat, tetapi lebih sedikit pegal2 dirasakan.

Menurut ilmuwan, otot jadi lebih kuat melalui satu proses kontraksi. Otot jadi kuat saat memendek dan mengencang. Kontraksi yang lambat disebut ‘sustained contraction‘ sedang kontraksi singkat disebut ‘explosive contraction’.

Ilmuwan membandingkan efektivitas keduanya dalam melatih kekuatan otot. Percobaan2 dengan 40 kontraksi, terdiri dari 4 set dengan 10 repetisi. Masing2 dilakukan 3x sepekan selama 3 bulan. Demikian dikutip dari Dailymail (14/6/16).

Hasilnya, explosive contraction lebih mudah dilakukan dan tidak menyakitkan. Efek pada kekuatan otot teramati setara sustained contraction. Namun sustained contraction tetap lebih efektif jika tujuannya bukan sekedar memperkuat melainkan juga membentuk massa otot. (up/vit; AN Uyung Parmudiarja)

 

Monggo lengkapnya klik aja :  https://health.detik.com/read/2016/06/14/070334/3232497/763/ilmuwan-ungkap-cara-paling-tepat-memperkuat-otot-tanpa-pegal-pegal ()-FatchurR

Tulisan Lainnya :

  • Tidak ditemukan tulisan
Tags

Related Articles

Leave a Reply

Your email address will not be published.




Enter Captcha Here :

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

Lihat Juga
Close
Back to top button
Close
Close