Kesehatan

Penyebab Asam Urat Kambuh(1/4)

(hellosehat.com)-Pernah sakit pada pergelangan kaki atau tangan? Penyebabnya beragam, salah satunya asam urat. Biasanya kondisi ini terjadi ketika kadar purin tubuh tinggi sehingga tubuh bereaksi  menimbulkan nyeri pada bagian tubuh tertentu.

 

Bila Anda memiliki asam urat pada kaki atau bagian tubuh lain, atau bahan preventif, mari pelajari penyebab asam urat dan cara mengobatinya berikut ini.

 

Apa itu Penyakit Asam Urat?

Penyakit asam urat itu bentuk arthritis (peradangan sendi) yang dikenal dengan encok. Ini menyakitkan karena terlalu banyak kadar purin di tubuh. Purin itu protein yang diproduksi di tubuh dan terkandung pada banyak makanan. Makin banyak makan2an mengandung purin, makin besar tubuh memproduksi asam urat atau uric acid.

 

Kadar purin tinggi ini akan mengalir di dalam darah dan akhirnya mengubah asam urat jadi kristal. Makin lama, kristal menumpuk di sekitar sendi dan jaringan lunak tubuh lainnya. Akibatnya, sendi dan otot linu serta nyeri. Seperti inilah proses terjadinya asam urat.

 

Kondisi ini bisa hilang dalam 1-2 hari. Purin yang berlebih dibersihkan dari darah oleh ginjal dan dibuang dari tubuh bersama urine. Namun, kadar asam urat bisa menumpuk di tubuh, saat ginjal terlalu sedikit membuang asam atau bila terus tubuh memproduksi berjumlah banyak. Penyakit ini umum, terutama pada orang dewasa usia (40-50). Namun, usia 20 tahun atau lebih bisa memiliki kondisi ini.

 

Tahapan Penyakit Asam Urat

Ada 4 tahapan penyakit asam urat yang perlu Anda ketahui, yaitu:

1-Hiperurisemia asimptomatik; Kondisi ini menandakan terlalu banyak kadar asam urat dalam darah. Kondisi ini tidak menimbulkan gejala asam urat apa pun.

 

2-Penyakit Asam Urat akut; Ini menandakan hiperurisemia asimptomatik yang tidak ditangani  sehingga membentuk kristal yang menumpuk di sendi. Anda mungkin merasakan gejala nyeri 3-10 hari.

 

3-Penyakit Asam Urat Interval; Kondisi ini disebut asam urat interkis. Rasa sakitnya terjadi secara tiba2. Anda akan merasa sehat, tapi nanti tiba2 muncul sakitnya.

 

4-Chronic tophaceous gout. Ini akibat asam urat yang tidak diobati, ± butuh 10 tahun berkembang. Tahap ini, bukan hanya sakit, nodula juga terbentuk, Nodula adalah pembengkakan disertai kemerahan pada kulit dan jaringan lunak lain yang menyebabkan kerusakan permanen pada sendi.

 

Gejala Asam Urat yang umum terjadi

Sama seperti penyakit lainnya, tidak semua orang akan merasakan gejala asam urat yang sama. Namun, gejala asam urat yang umumnya sering terjadi, meliputi:

 

1-Nyeri sendi mendadak

2-Pembengkakan pada sendi (efusi sendi)

3-Kesulitan untuk melakukan kegiatan karena gerakan terbatas

 

4-Area yang nyeri dan membengkak akan terasa panas

5-Kemerahan pada kulit di sekitar sendi

6-Muncul nodul (pembengkakan parah yang memerah di kulit)

 

Biasanya gejala asam urat hanya memengaruhi satu sendi, misalnya asam urat pada kaki. Rasa sakit yang semakin parah menandakan peradangan pada sendi makin memburuk.

 

Area yang tersering mengalami rasa sendi adalah jempol kaki dan dikenal istilah podagra (peradangan pangkal ibu jari kaki). Banyak orang merasa asam urat pada kaki atau tangan, namun kondisi ini bisa terjadi hampir di semua sendi yang ada pada tubuh.

 

(Aprinda Puji; Bahan dari : https://hellosehat.com/hidup-sehat/tips-sehat/penyebab-asam-urat-kambuh/)-FatchurR * Bersambung………..

Tulisan Lainnya :

  • Tidak ditemukan tulisan
Tags

Related Articles

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *




Enter Captcha Here :

Lihat Juga
Close
Back to top button
Close
Close