Kesehatan

Makin tua perut makin buncit

(klikdokter.com)-PERUT BUNCIT; sering dijumpai pada pria-wanita yang berusia tua. Biasanya mereka tak terlalu mempermasalahkan hal ini. Sebab penampilan bukan jadi fokus utama. Namun, apa penyebab usia tua rentan berperut buncit?

 

Perut Buncit terjadi karena penumpukan lemak viseral yang disimpan di antara organ dalam perut. Lemak viseral itu jenis lemak kurang baik, karena dapat meningkatkan risiko penyakit2 seperti jantung dan pembuluh darah. Kondisi2 yang menyebabkan timbulnya perut buncit di usia tua, yakni:

 

1-Metabolisme tubuh yang menurun

Seiring dengan bertambahnya usia, pria-wanita akan mengalami penurunan sistem metabolisme tubuh. Ini berakibat lebih sedikitnya kalori yang dibakar oleh tubuh. Kalori yang tersisa disimpan oleh tubuh sebagai lemak. Biasanya lemak ini disimpan pada bagian perut.

 

2-Jumlah Otot yang berkurang

Otot berfungsi membakar kalori dan menjaga bentuk tubuh. Namun sejak usia 30-an, jumlah otot pada tubuh mulai berkurang. Hal ini menyebabkan kenaikan berat badan dan perut buncit.

 

3-Perubahan Hormon

Hormon tubuh berubah seiring dengan bertambahnya usia. Kondisi ini lebih signifikan pada wanita saat menopause. Hormon esterogen yang menurun drastis saat menopause menyebabkan perubahan tempat penyimpanan lemak dari pinggul dan paha ke perut. Pada pria, turunnya hormon testoteron meningkatkan penyimpanan lemak di perut.

 

4-Gaya hidup Sedentory

Di usia tua, sebagian besar wanita-pria lebih bergaya hidup sedentary. Mereka hampir tidak pernah ber-OR atau bekerja. Hal ini membuat sistem metabolisme yang menurun semakin menurun. Akibatnya risiko untuk memiliki perut buncit pun lebih tinggi.

 

5-Stres

Stres di usia tua sering berkaitan dengan pekerjaan atau malah karena tidak bekerja. Kondisi ini memicu perut buncit, karena saat stres tubuh mengeluarkan homron kortisol. Hormon ini membuat Anda mengonsumsi lebih banyak makanan. Jadi, tubuh Anda kemasukan kalori berlebihan, yang pada akhirnya akan disimpan menjadi lemak di perut.

 

Sekarang Anda tahu ‘kan mengapa yang sudah berusia tua berperut buncit? Jika Anda tidak ingin demikian, terapkan pola hidup sehat, konsumsi makanan bergizi seimbang serta ber-OR rutin dan teratur. (NB/RH; dr. Alberta Jesslyn Gunardi BMedsc Hons; Bahan dari : https://www.klikdokter.com/info-sehat/read/2698537/waspada-semakin-tua-perut-semakin-buncit)-FatchurR

Tulisan Lainnya :

  • Tidak ditemukan tulisan
Tags

Related Articles

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *




Enter Captcha Here :

Back to top button
Close
Close