Kesehatan

Perawatan Rambut Jadul terbukti ampuh dan perlu dicoba

(batamnews.co.id)-JAKARTA; Pernah lihat nenek kita pakai minyak rambut bikinan sendiri atau keramas dengan merang? Keduanya perawatan rambut jadul yang populer di masa lalu. Sampai kinipun  bertahan karena sudah terbukti keampuhannya.

 

Buat Anda yang ingin merawat rambut secara alami, tak ada salahnya pakai resep tradisional. Contek tips merawat rambut dari masa lalu yang jadi warisan nenek moyang. Berikut ini di antaranya.

 

1-Bilasan Santan

Santan terbukti baik untuk perawatan rambut. Minyak alami dan vit-E yang terkandung di dalamnya bisa membantu memulihkan kondisi batang rambut yang rusak atau kering. Padukan dengan jeruk nipis, Anda bisa mendapat conditioner atau campuran hair mask dengan nutrisi super.

 

Untuk membuatnya, campur santan kental perasan sendiri dengan air perasan jeruk nipis. Usapkan merata pada batang rambut, bungkus dengan handuk atau shower cap. Diamkan minimal satu jam, bilas dan keramas dengan sampo seperti biasa. Rambut akan terasa lebih halus.

 

2-Cuci Rambut dengan merang

Wanita di Jawa dan Betawi punya tradisi merawat rambut dengan merang. Merang itu batang padi yang kering. Biasanya dibakar, direndam, airnya digunakan untuk mencuci rambut.

 

Khasiat utama yang bisa didapat dari sampo tradisional ini menghitamkan rambut, mengatasi minyak berlebih di kulit kepala, dan menghilangkan ketombe. Kalau kesulitan mencari merang, kita bisa menggunakan sampo merang dalam kemasan yang sudah tersedia di pasaran.

 

3-Minyak Urang Aring

Minyak urang-aring sejak dulu dipercaya sebagai penghitam rambut ter-ampuh. Juga efektif menjadikan rambut lembut dan sehat. Jika menginginkan khasiat dari daun yang juga dikenal dengan nama false daisy ini, Anda bisa membeli minyak urang-aring dalam kemasan yang banyak tersedia di pasaran.

 

4-Minyak Kemiri

Sama seperti minyak urang-aring, minyak perasan kemiri juga diyakini mampu menjaga batang rambut dari penuaan lebih lama. Anda bisa membuatnya dari kemiri yang dibakar, kemudian peras minyaknya.

 

5-Hair Tonic Daun Waru

Hibiscus tiliaceus (daun waru) dipercaya bisa menyuburkan rambut, mencegah kerontokan, dan mengatasi ketombe. Untuk membuatnya, Anda bisa mencuci bersih 15 lembar daun waru muda. Kemudian peras dan saring airnya. Diamkan semalam di ruangan terbuka.

 

Keesokan harinya, gunakan hair tonic untuk di kulit kepala. Pijat ringan 3-5 menit. Lakukan perawatan ini setidaknya seminggu 1x untuk mendapat hasil yang maksimal. Demikian tips perawatan rambut jadul yang bisa Anda coba di rumah. (pkd; Bahan dari : https://www.batamnews.co.id/berita-40161-5-perawatan-rambut-jadul-yang-terbukti-ampuh-perlu-dicoba-generasi-muda.html)-FatchurR *

Tulisan Lainnya :

  • Tidak ditemukan tulisan
Tags

Related Articles

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *




Enter Captcha Here :

Back to top button
Close
Close