Kesehatan

Tips Jaga Daya Tahan Tubuh Selama Pandemi

(health.detik.com)-JAKARTA; Sejak Maret 2020, (8 bulan lamanya) pandemi COVID-19 melanda Indonesia. Penerapan protokol kesehatan (Prokes) digalakkan, juga pembatasan sosial berskala besar (PSBB).

 

Sempat diperketat, kini PSBB dilonggarkan dan masyarakat boleh beraktivitas di luar rumah. Namun mengingat kasus positif Covid-19 belum ada penurunan, masyarakat dianjurkan menerapkan prokes.

 

Seperti pakai masker saat keluar rumah, mencuci tangan sesering mungkin, dan jaga jarak minimal 2 meter dengan orang lain. Juga yang penting diperhatikan menjaga imun tubuh. Dilansir dari Healthline, ada tips sederhana untuk memastikan daya tahan tubuh terjaga.

 

1-Tidur cukup

Tidur dan kekebalan tubuh ada kaitan erat. Faktanya, mutu tidur tidak bagus ada kerentanan lebih tinggi pada penyakit. Hasil penelitian pada 164 orang dewasa sehat, yang tidur kurang dari 6 jam sehari lebih mudah terkena flu. Orang dewasa harus tidur minimal 7 jam/hari, remaja 8-10 jam dan anak-anak lebih kecil serta bayi 14 jam/hari.

 

Jika kesulitan tidur, coba batasi waktu layar satu jam sebelum tidur, karena cahaya biru dari ponsel, televisi, atau komputer bisa mengganggu ritme sirkadian atau siklus bangun-tidur alami tubuh Anda.

 

2-Tetap terhidrasi

Pastikan tubuh terhidrasi sangat penting untuk kesehatan. Sebab jika tidak terhidrasi (mengalami dehidrasi), menyebabkan sakit kepala, menghambat kinerja fisik, fokus, suasana hati, pencernaan, bahkan fungsi jantung dan ginjal. Komplikasi ini menyebabkan Anda lebih rentan penyakit.

 

Guna mencegah dehidrasi, Anda harus minum cukup cairan setiap hari yakni minum ketika haus dan berhenti saat tidak haus. Air bening dianjurkan karena bebas kalori, bahan aditif, dan gula. Meski teh dan jus bisa menghidrasi, sebaiknya batasi asupan jus buah dan teh manis karena gulanya tinggi.

 

Sarang burung walet dapat dijadikan alternatif minuman kesehatan, karena juga mampu membantu jaga daya tahan tubuh. Cara pengolahan sarang burung walet rumit karena makan waktu lama dan butuh takaran pas untuk mempertahankan dan manfaat sarang burung walet yang terbaik.

 

3-Lakukan OR ringan

Meskipun OR intens dalam waktu lama bisa menurunkan sistem kekebalan Anda, namun OR ringan bisa meningkatkannya. Studi menunjukkan satu sesi olahraga sedang bisa meningkatkan efektivitas vaksin pada orang dengan sistem kekebalan tubuh yang lemah.

 

Terlebih, OR teratur dan sedang bisa mengurangi peradangan serta membantu regenerasi sel kekebalan Anda secara teratur. OR ringan disarankan setidaknya 150 menit per minggu, seperti jalan cepat, bersepeda, jogging, atau berenang.

 

(Bahan dari  : https://health.detik.com/advertorial-news-block/d-5224172/3-tips-sederhana-jaga-daya-tahan-tubuh-selama-pandemi)-FatchurR *

Tulisan Lainnya :

  • Tidak ditemukan tulisan
Tags

Related Articles

Leave a Reply

Your email address will not be published.




Enter Captcha Here :

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

Lihat Juga
Close
Back to top button
Close
Close