Kesehatan

Penyakit Yang Rentan Muncul Saat Suhu Dingin Tak Wajar

(merdeka.com)- Masalah kesehatan rentan terjadi akibat suhu dingin belakangan ini. Hal ini perlu menjadi perhatian dan antisipasi bagi mayoritas masyarakat .

 

Menurut akademisi dan praktisi klinik, Ari Fahrial Syam, gangguan kesehatan yang bisa muncul karena suhu dingin di antaranya mimisan, batuk pilek, dan bibir pecah-pecah yang berisiko menurunkan nafsu makan seseorang.

 

Masalah kesehatan ini sangat mengganggu masyarakat yang khawatir COVID-19. Namun, daya tahan tubuh yang kuat dan tetap terjaga bisa membuat badan tak gampang drop karena diterpa suhu dingin. Selain itu, Ari mengidentifikasi penyakit karena suhu dingin sekarang ini, di antaranya;

 

Penyakit yang sudah ada kambuh karena suhu dingin

Ari, menjelaskan, udara dingin bisa membuat penyakit yang ada sebelumnya mengalami kekambuhan, seperti asma (sesak napas), pilek alergi (rinitis alergi), sinusitis, dan alergi kulit karena Suhu dingin.

 

Penyakit yang timbul langsung akibat suhu dingin

Suhu dingin juga bisa menimbulkan sejumlah masalah, kayak kulit menjadi kering, kulit telapak kaki pecah-pecah, timbul pecah-pecah pada bibir, dan terkadang bisa timbul mimisan.

 

Risiko  bila suhu tubuh turun karena udara dingin

“Jika paparan udara dingin terus berlangsung akan terjadi penurunan suhu tubuh (hipotermia) yang akan mengancam jiwa orang yg mengalami hipotermia tersebut,” katanya.

 

Masyarakat dengan risiko tinggi

Masyarakat yang punya risiko tinggi terhadap gangguan kesehatan karena cuaca dingin, yaitu orang usia lanjut, masyarakat dengan komorbid, penyakit diabetes, gangguan jantung dan pembuluh darah.

 

(Reporter: Aditya Eka Prawira; RWP;  Rizky Wahyu Permana; Bahan dari :  Liputan6-com  dan https://www.merdeka.com/sehat/deretan-penyakit-yang-rentan-muncul-ketika-suhu-dingin-tak-wajar.html)-FatchurR *

Tulisan Lainnya :

  • Tidak ditemukan tulisan
Tags

Related Articles

Leave a Reply

Your email address will not be published.




Enter Captcha Here :

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

Back to top button
Close
Close