Kesehatan

Cara merawat handuk agar kulit sehat

(1health.id)- Tahukah Anda, penggunaan handuk bergantian memudahkah penyebaran bakteri dan kuman? Bila ini sering dilakukan akibatnya seisi rumah bisa terkena penyakit karena Anda lalai dalam membersihkan handuk yang digunakan sehari-hari.

 

Oleh karena itu, Anda perlu mengenali cara yang tepat saat membersihkan handuk yang digunakan oleh seluruh anggota keluarga Anda di rumah.

 

1-Cuci seminggu 1x

Bila setiap anggota keluarga memiliki handuk khusus untuk digunakan masing1, cucilah 1x seminggu. Bila Anda sekeluarga menggunakan handuk bergantian, cucilah segera saat ada anggota yang sakit.

 

2-Cuci Handuk setelah ber OR

Bila Anda maupun pasangan rutin melakukan olahraga tiga kali dalam seminggu, atau bahkan bahkan setiap hari, cucilah handuk yang Anda gunakan setiap habis berolahraga, jangan ditunda.

 

3-Pisahkan Handuk sesuai fungsinya

Hindari mencampuradukkan segala jenis handuk di rumah. Handuk biasa digunakan di dapur untuk mengeringkan alat masak dan handuk yang ada di dekat wastafel untuk mengeringkan tangan sebaiknya dicuci dalam wadah yang terpisah dari cucian berupa pakaian sehari-hari dan pakaian dalam.

 

4-Rajinlah mengganti Handuk di Wastafel

Setidaknya, gantilah handuk pengering tangan selama 3 hari 1x, atau setiap kali ada orang lain, misalnya tamu yang menggunakan handuk itu. Hal ini penting, karena Anda tidak pernah tahu penyakit apa yang dialami oleh orang yang mengunjungi Anda di rumah.

 

5-Biarkan Handuk kering secara alami

Pastikan mengeringkan handuk basah dengan menggantungnya di area yang terkena sinar matahari. Sinar UV mengandung disinfektan yang mampu membunuh bakteri dalam ukuran kecil dengan cara merusak DNA bakteri. (Bebby Sekarsari; Bahan dari :  http://www.1health.id/id/article/category/sehat-a-z/lakukan-cara-ini-untuk-merawat-handuk-demi-kulit-sehat-9443.html-FatchurR

Tulisan Lainnya :

  • Tidak ditemukan tulisan
Tags

Related Articles

Leave a Reply

Your email address will not be published.

*

code

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

Lihat Juga
Close
Back to top button
Close
Close