Iptek dan Lingk. Hidup

Tersangka Hoax penculikan anak bertambah jadi 4

(beritasatu.com)-JAKARTA; Bareskrim Polri menangkap dua lagi tersangka penyebar berita bohong atau hoax tentang penculikan anak, Jumat (2/11), sehingga total ada empat tersangka yang ditangkap.

 

Salah satu pelaku diidetifikasi Jefri Hasiholan Sitorus (31), memposting gambar, video, dan tulisan dengan konten tentang pelaku penculikan anak ke akun FB Jefri. Dia tulis, “Rasain sendiri apa yang telah kamu perbuat, sekarang kamu dah tau rasanya apa hukumnya kalo nyulik anak orang. Ini lah pelaku penculikan anak yang telah tertangkap di daerah Sentul.”

 

Dia mengklaim informasi perihal penangkapan penculikan anak tersebut benar adanya dan agar masyarakat lebih waspada. Padahal itu hoax. Juga ditangkap Dina Nurman Lestari (20), asal Cengkareng, Jakbar. Dia sebar unggahan video melalui Facebook dengan nama akun sama.

 

“Dia menulis adanya tindak pidana kekerasan terhadap anak di bawah umur yang dilakukan oleh Rahman alias La Saleh,” kata Kabareskrim Komjen Arief Sulistyanto Jumat (2/11).

Oleh tersangka ditambahkan caption :

 

PENCULIK BIADAB.. ANAK KECIL MAU DI BUNUH DI BIKIN VIDEO KAYA GINI.. Semoga cepat di tangkep para penculik dan di TUTUP PASAR GELAP YG BUAT JUAL ORGAN TUBUH MANUSIA / ANAK KECIL YG DI BUNUH.. DI CINA.”

 

Motif pelaku ikut2an meyebarkan video itu karena kasihan melihat video penganiayaan terhadap anak kecil dan memberitahukan ke teman2 atau orang lain agar hati2, padahal itu juga hoax. (Farouk Arnaz; HA, Bahan dari : BeritaSatu.com dan http://www.beritasatu.com/nasional/520215-tersangka-hoax-penculikan-anak-bertambah-jadi-empat.html)-FatchurR *

1002p-Polisi bekuk dua tersangka Penyebar Hoax -a5c 8/11ia 01 siap

(beritasatu.com)-JAKARTA; Dit Siber Bareskrim menangkap dua tersangka penyebar hoax penculikan anak yang belakangan ini marak. Pelaku : El Wanda dan Rahmat Azis itu ditangkap secara bergiliran mulai Kamis (1/11) di Bogor dan Jakarta.

 

“Wanda pengguna akun FB wandaajjh.okehh. Pekerjaan satpam warga dan tinggal di Bojong Indah, Kecamatan Parung, Bogor” kata Kabareskrim Komjen Arief Sulistyanto Jumat (2/11). Modusnya pelaku mengunggah di akun Facebook miliknya terkait hoax penculikan anak dengan motif hanya iseng saja.

 

Begitupun Rahmat yang juga bengunggah berita hoax di akun FB miliknya. Sopir pribadi ini juga mengaku hanya iseng bermain medsos. Barang bukti yang disita darinya adalah BlackBerry 9790 warna hitam. Akun pelaku adalah ajiz.thalib.1. Kedua tersangka saat ini sedang diperiksa.

 

“Jangan sekali-sekali membuat atau menyebarkan berita hoax, apalagi yang menimbulkan keresahan masyarakat atau fitnah yang merugikan,” tegas Arief. Polri pasti akan melacak dan mengejar serta menangkap pelakunya karena perilaku seperti ini meresahkan kehidupan sosial masyarakat.

 

(Farouk Arnaz; Bahan dari : BeritaSatu.com dan http://www.beritasatu.com/nasional/520090-polisi-bekuk-dua-tersangka-penyebar-hoax-penculikan-anak.html)-FatchurR *

Tulisan Lainnya :

  • Tidak ditemukan tulisan
Tags

Related Articles

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *




Enter Captcha Here :

Back to top button
Close
Close