Wisata dan Kuliner

6 Pemandangan Unik dalam perjalanan KA Jakarta-Surabaya

(traveling.bisnis.com)-Hal paling menarik dari naik KA adalah pemandangannya. Banyak orang gemar naik ular besi karena pemandangan selama perjalanan itu beragam dan menarik disimak. Pemandangan itu jadi salah satu hal utama yang membuat orang betah walau perjalanannya sangat lama.

 

Bagi Anda yang mempersiapkan perjalanan dari Jakarta ke Surabaya, KA jadi moda transportasi yang bisa diandalkan. Harga Tiket KA Jakarta ke Surabaya  yang terjangkau jadi salah satu keunggulannya. Dalam perjalanan 9 Р15,5 jam itu, penumpang juga ditemani pemandangan menakjubkan berikut ini:

 

1-Monumen Nasional

Bila Anda beli tiket KA Jakarta Surabaya Eksekutif atau Campuran, maka Anda berangkat dari Stasiun Gambir. Saat menanti KA di peron, Anda dapat melihat kemegahan Tugu Monas dalam jarak dekat.

 

Tugu kebanggaan ibu kota ini tetap bisa Anda lihat hingga beberapa menit selepas KA meninggalkan Stasiun Gambir. Pemandangan ini tampak menakjubkan bila Anda berangkat jelang waktu matahari terbit atau terbenam.

 

2-Dipo Lokomotif Stasiun Pekalongan

Perjalanan KA rute Jakarta – Surabaya umumnya singgah sejenak di Pekalongan. Sesaat sebelum masuk Stasiun Pekalongan, Anda akan melihat bangunan tua yang usang di sebelah kiri.

Bangunan yang tampak seram itu dipo lokomotif tua yang kini tak lagi beroperasi. Penampakannya  membuat bergidik karena tembok bangunan banyak yang rapuh hingga batu bata di dalamnya terlihat. Pemandangan satu ini rasanya makin menarik jika dilihat saat malam.

 

3-Jalur Pantai Utara

Tiket KA Jakarta Surabaya perjalanan pagi laris diserbu penumpang, salah satunya karena perjalanan ini menampilkan pemandangan terindah. Dengan KA Bromo Anggrek Pagi, Anda diajak melintasi jalur Pantai Utara yang dihiasi sawah, perkebunan, hingga lautan.

 

Ketika memasuki kawasan Stasiun Plabuan di Batang, kereta berjalan di atas rel yang persis di tepi laut. Anda mungkin berharap KA berjalan lebih lambat, karena tidak ingin pemandangan ombak berdeburan cepat berlalu. Pilihlah tempat duduk di sebelah kiri untuk menikmati pemandangan ini lebih leluasa.

 

4-Dipo Lokomotif Stasiun Semarang Poncol

Perjalanan KA Jakarta – Surabaya juga singgah sejenak di Semarang. Kereta melewati Stasiun Poncol dengan pemandangan menarik dari dipo lokomotifnya.

 

Arahkan pandangan Anda ke sisi kanan melihat banyak gerbong KA berjejer di dipo ini. Beberapa detik sebelum tiba persis di depan dipo, Anda juga melihat lahan kecil yang jadi tempat peristirahatan terakhir bangkai gerbong kereta yang tak terpakai lagi.

 

5-Stasiun Semarang Tawang

Tak lama selepas Stasiun Poncol, rutenya akan dilewati, Stasiun Tawang. Di sini, KA berhenti sejenak sehingga Anda dapat menikmati penampakan cantik stasiun antik bernuansa kolonial.

 

Tembok putih kokoh, serta jendela dan pintu kayu dengan sisi atas berbentuk setengah lingkaran tampak merias sisi pinggir peron. Penumpang biasanya menyempatkan diri turun sejenak agar dapat melihat-lihat stasiun secara lebih leluasa.

 

6-Kolam Tambak dan Perkampungan Tepi Laut

Jika butuh lebih banyak waktu melihat pemandangan unik, Anda masih menjumpai pemandangan menarik lain. Pemandangan dekat dengan Stasiun Tawang ini bersuasana perkampungan di rawa, lengkap dengan kolam tambak dan rumah gubuk. Sesekali, Anda melihat warga memancing, membersihkan kolam tambak, atau merapikan jaring pembatasan kolam.

 

Jika Anda melewati kawasan ini sore, pemandangannya bisa lebih indah lagi dengan matahari hampir terbenam. Pilih waktu keberangkatan pagi demi dapat pemandangan perjalanan dalam kondisi terbaik. (Editor : Media Digital; Bahan dari : https://traveling.bisnis.com/read/20181218/224/870572/6-pemandangan-unik-lengkapi-perjalanan-kereta-jakarta-surabaya)-FatchurR *

Tulisan Lainnya :

  • Tidak ditemukan tulisan
Tags

Related Articles

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *




Enter Captcha Here :

Back to top button
Close
Close