Wisata dan Kuliner

Pesona Bukit Pelangi Kelabba Maja Oregon Painted Hills-Nya NTT

(merdeka.com)- Kepingin jalan2 menyaksikan Painted Hills Oregon? Atau menikmati pemandangan unik gunung pelangi di Zhangye Danxia, China? Sebelum jauh2 ke 2 tempat itu, sebaiknya kita kunjungi objek wisata serupa yang ada di tanah air.

 

Bukit warna-warni bisa kita temui di bagian timur Indonesia, tepatnya di NTT. Bukit ini bernama Kelabba Maja dan berlokasi di Pulau Sabu (disebut juga Sawu), Kecamatan Hawu Mehara, Kab-Sabu Raijua. Lokasinya berdekatan dengan pantai selatan Sabu.

 

Kembaran Painted Hills Oregon

Karena alamnya dari tebing berwarna-warni, tempat ini sering dibandingkan dengan Zhangye Danxia yang disebut salah satu keajaiban alam negeri Tiongkok. Juga disetarakan dengan ngarai Grand Canyon yang jadi kebanggaan negeri AS. Tapi jika dilihat dari kondisi alamnya, Kelabba Maja lebih mirip Painted Hills yang ada di Oregon, AS.

 

Sama seperti Painted Hills, Kelabba Maja juga berciri khas berupa tebing serupa deretan tabung yang bercorak. Sekilas tampak seperti disapu dengan kuas raksasa. Kita bisa temukan lapisan warna biru, putih, coklat, dan merah di antara bebatuan Kelabba Maja.

 

Selain bukit pelangi, Kelabba Maja juga memiliki batu2 keseimbangan yang dianggap sebagai perlambang ayah, ibu, dan anak. Ketiga batu ini berdiri kokoh di pucuk tebing yang meruncing.

 

Bukit pelangi milik sang dewa

Kelabba Maja dianggap tanah dewa oleh penduduk, terutama warga desa Gelanalalu. Mereka percaya bukit2 penuh warna itu tempat berdiamnya dewa Maja. Di sana ada batu yang digunakan sebagai altar pemujaan bagi dewa. Tiap tahun diadakan ritual penyembelihan kurban mohon perlindungan dari Maja.

 

Karena kesakralannya bagi penduduknya, tak heran jika pengunjung diminta menjaga sikap selagi pelesir di sini. Ber-kata2 kotor itu salah satu larangan yang sebaiknya ditaati demi kenyamanan bersama.

 

Wisata jempolan dengan infrastruktur seadanya

Kelabba Maja ini satu objek wisata alam yang patut dikunjungi di Nusa Tenggara. Banyak pecinta travelling kepincut dengan keindahannya melalui foto2 keren di Instagram. Sayangnya seperti kebanyakan objek wisata yang nyaris masih perawan, Kelabba Maja sulit diakses.

 

Untuk mencapainya, wisatawan harus dari Kupang ke Sabu. Setelah itu dilanjutkan dengan jalan kaki mendaki jalan bertanjakan 2 jam. Kondisi infrastruktur ke kawasan ini belum memadai. Jadi butuh fisikĀ  prima untuk mencapainya.

 

Karena itulah Kelabba Maja dianggap kurang cocok untuk wisata bersama keluarga. Nah, masih ingin mengunjungi Zhangye Danxia? Mampir ke Kelabba Maja saja dulu. (tsr; Tantri Setyorini; Bahan dari : https://www.merdeka.com/gaya/pesona-bukit-pelangi-kelabba-maja-oregon-painted-hills-nya-nusa-tenggara-timur.html)-FatchurR *

Tulisan Lainnya :

  • Tidak ditemukan tulisan
Tags

Related Articles

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *




Enter Captcha Here :

Back to top button
Close
Close