Selingan

Berlian Merah Muda 19 Karat Terjual Rp 732 Miliar dalam Lelang

(news.detik.com/bbc)-JENEWA-Sebuah berlian langka warna merah muda terjual US$ 50 juta atau Rp 737 miliar di balai lelang di Jenewa. Hasil pelelangan itu tercatat sebagai rekor harga lelang per karat tertinggi.

 

Berlian yang ditemukan di Afrika Selatan satu abad lalu dan berjuluk Pink Legacy itu dibeli perusahaan perhiasan ternama dari AS, Harry Winston.

 

Perhiasan itu beratnya kurang dari 19 karat. Batu berlian itu berharga US$ 2,6 juta atau Rp 38 miliar per karat, nilai yang tercatat sebagai rekor harga lelang tertinggi untuk jenis berlian merah muda, menurut kepala balai lelang Eropa, Christie’s.

 

Sebelumnya berlian itu diperkirakan akan terjual seharga antara US$ 30 juta hingga US$ 50 juta atau sekitar Rp 442 miliar – Rp 737 miliar.

 

Faktanya, prediksi itu tidak meleset. Dalam 5 menit perhiasan itu langsung laku terjual. Setelah berpindah tangan, sang pemilik mengubah nama berlian itu jadi Winston Pink Legacy. Berlian Pink Legacy dulu dimiliki keluarga Oppenheimer, yang sebelumnya mengelola perusahaan pertambangan De Beers.

 

Batu perhiasan itu disebut sebagai “salah satu berlian terbesar di dunia” oleh kepala perhiasan internasional Christie’s, Rahul Kadakia. “Bila melihat warna dalam berlian merah muda ini, mungkin Anda menilainya kurang dari satu karat. Tapi ini hampir 19 karat dan warnanya merah muda. Itu tidak bisa dipercaya” kata Kadakia.

 

Berlian ini memiliki “kejernihan tertinggi” dengan tingkat intensitas warna teratas. Balai lelang Christie’s menyebut batu perhiasan itu belum pernah berubah bentuk sejak pertama dipotong pada 1920. Christie’s juga mengatakan, berlian muda dengan tingkat kejernihan tinggi dan lebih dari 10 karat belum pernah terdengar.

 

Harga lelang berlian Pink Legacy, yang dijual dalam lelang tahunan Magnificent Jewels di rumah lelang Christie’s, mengalahkan rekor harga per karat sebelumnya.

 

Pada November 2017, berlian merah muda 8,41 karat terjual di Hong Kong US$ 17,7 juta atau sekitar Rp 262 miliar. (nvc/nvc; Bahan dari : BBC World dan https://news.detik.com/bbc/4302976/berlian-pink-legacy-19-karat-terjual-rp-737-miliar-di-balai-lelang)-FatchurR *

Tulisan Lainnya :

  • Tidak ditemukan tulisan
Tags

Related Articles

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *




Enter Captcha Here :

Back to top button
Close
Close