Opini dan sukses bisnis

Cara Membangun Personal Branding

(republika.co.id)-JAKARTA; Bekerja bermodal pintar saja gak cukup. Harus diimbangi kreativitas tinggi  membangun karakter yang dapat membedakan Anda dengan orang lain. Membangun karakter gak mudah karena pengaruh lingkungan sekitar kerap  mengubah sifat dan kebiasaan Anda sehari-hari.

 

Bagaimana dengan personal branding? Apakah ini dibutuhkan? Tentu, karena personal brand yang bagus, baik untuk memperkuat jati diri Anda membangun karier di dunia kerja. Tak sulit, ini cara membangun personal branding yang mudah untuk meniti karier seperti dikutip dari cermati.com;

 

Kenali Diri Sendiri dengan baik

Sekilas, mengenal diri tampak mudah. Namun tidak demikian. Mengenal diri terasa lebih sulit daripada mengenal orang lain. Jika Anda sibuk memikirkan orang lain, Anda tak punya waktu memikirkan diri sendiri. Akibatnya, karier orang lain semakin cemerlang, sedangkan karier Anda semakin meredup.

 

Berhentilah memikirkan orang lain, dan fokus membangun diri. Luangkan waktu merenung dan bicara pada diri sendiri untuk mengetahui kekuatan-kelemahan Anda. Jadi Anda dapat fokus memaksimalkan kelebihan itu dalam membangun personal branding. Yang lebih penting, Anda mengenal diri sendiri.

 

Bahagiakan diri sendiri dulu

Tuntutan gaya hidup tinggi sering membuat diri merasa kekurangan, walau Anda memiliki semuanya, seperti rumah, kendaraan, dan aset investasi. Akibatnya, Anda kerap merasa iri pada orang lain. Tanpa disadari, sikap ini otomatis menurunkan personal branding Anda di dunia kerja.

 

Anda ingin jadi terbaik?, tunjukkan dengan cara2 positif, seperti ubah cara bicara, berpakaian, dan performa kerja. Perbanyak baca buku mengenai self-development untuk menemukan sisi positif diri Anda dan upaya mengembangkannya agar Anda lebih bahagia. Sebab tolak ukur kesuksesan itu kebahagiaan, bukan harta semata.

 

Berhenti ber-pura2

Tidak hanya lingkungan, Medsos berpengaruh buruk bagi jati diri seseorang. Banyak orang rela mengubah dirinya demi dapat pujian di Medsos. Padahal pujian itu bersifat sementara. Jika konten yang diunggah di medsos tidak sebagus konten yang dulu, orang yang memuji Anda sebelumnya pasti tidak akan memuji lagi.

 

Jangan menutup-nutupi siapa diri Anda demi mendapat predikat hebat. Tunjukkan jati diri  sebenarnya melalui perilaku, cara pandang, dan potensi diri yang Anda miliki. Jangan ragu jadi sosok yang berbeda karena perbedaan ini menjadikan diri Anda unik, asalkan masih dalam jalur yang positif.

 

Jangan Ragu Membangun Positioning

Setelah mengenal diri, saatnya membangun positioning dengan memperkecil ruang lingkup kemampuan Anda ke arah yang lebih spesifik. Misalnya hobi mendesain, pekerjaan yang dilakukan bukan membuat desain yang bagus lagi, tapi memberi ilmu ke generasi muda mengenai cara mendesain yang baik untuk mendapat hasil yang bagus.

 

Positioning yang makin spesifik, mempermudah Anda meningkatkan jenjang karier. Hasil yang didapat juga semakin maksimal. Asah terus kemampuan yang Anda punya agar semakin ahli di bidangnya.

 

Bangun dan Perkuat Relasi

Dalam meniti karier, jangan sendirian. Cari sosok yang dapat membantu Anda mengembangkan diri dan meningkatkan personal branding. Salah satunya dengan menjalin relasi yang kuat, baik melalui komunikasi interpersonal atau acara-acara tertentu, seperti pameran, seminar, atau pelatihan.

 

Makin banyak relasi yang dibangun, makin banyak wawasan dan pengalaman yang diterima, sehingga Anda dapat meminimalisir kegagalan dalam meniti karier. Lebih baik lagi jika Anda membangun dan memperkuat relasi dengan orang2 yang memiliki visi dan misi yang sama.

 

Tunjukkan Performa

Bukan bermaksud show off atau pamer pada orang lain. Tampil di depan umum itu bagus untuk meningkatkan percaya diri sekaligus melatih kemampuan public speaking. Cara ini membuat Anda lebih dikenal oleh orang lain, sehingga mereka tahu personal branding Anda sesungguhnya.

 

Perhatikan mimik wajah dan gestur tubuh saat tampil di depan orang banyak. Jangan sampai terlalu berlebihan agar kesannya tetap natural dan enak dipandang.

 

Tetap Percaya diri

Semua manusia unik, termasuk Anda. Yakinlah keunikan ini membawa Anda ke gerbang kesuksesan, apalagi jika berhasil dikembangkan dengan bijak. Misal, kalau Anda pintar menyanyi, tunjukkan bakat ini ke orang lain. Kuncinya percaya diri. Meski keunikan Anda tidak lebih bagus dari orang lain, apa salahnya jika ditunjukkan. Sebab apa yang Anda rasa tidak bagus, belum tentu dirasa tidak bagus oleh orang lain.

 

Kunci Utama pada diri sendiri

Kunci utama perubahan itu diri sendiri. Jika Anda mau mengubah diri ke arah lebih baik, perubahan itu  tampak dengan sendirinya melalui tindakan se–hari2. Temukan mentor tepat untuk mempermudah Anda melakukan perubahan, khususnya berkaitan personal brand. Selamat mencoba, semoga berhasil!

 

(Artikel ini kerja sama Republika.co.id dan Cermati.com; Red: Dwi Murdaningsih ; Bahan : https://www.republika.co.id/berita/gaya-hidup/tips/19/01/18/plivoy368-7-cara-membangun-personal-branding-untuk-meniti-karier)-FatchurR

Tulisan Lainnya :

  • Tidak ditemukan tulisan
Tags

Related Articles

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *




Enter Captcha Here :

Back to top button
Close
Close