Islam

Istiqlal ramai oleh Milenial di malam Akhir-2018

(republika.co.id/berita)-JAKARTA; Masjid Istiqlal ramai dikunjungi masyarakat yang ingin ikut acara malam muhasabah dan qiyamul lail jelang akhir-2018 (31/12). Di antara masyarakat yang hadir di acara itu, terlihat cukup banyak dari kalangan milenial dan pemuda.

 

Republika.co.id bertemu Novi Adianto, pemuda yang datang sendiri ke Masjid Istiqlal. Dia katakan, tujuan ke Masjid Istiqlal karena untuk mengisi waktu libur dengan kegiatan bermanfaat. Awalnya dia berniat ikut kegiatan yang diselenggarakan Harian Republika di masjid At Tin, Jakarta. “Karena hujan,  kondisi badan juga enggak enak. Jadi yang dekat Masjid Istiqlal” ucap dia yang tinggal di Mampang.

 

Dia mengisi kegiatan saat malam akhir tahun Masehi bukan yang pertama. “Sebelumnya pernah di masjid daerah kampung. Tahun-2017 ikut di Masjid At Tin,” ucap pria kelahiran di Yogya ini.

 

Yang lain pemuda milenial yang ke Masjid Istiqlal dengan 4 temannya. Muhammad Muflih Ajrullah yang dipanggil Muflih, mengatakan, tujuan dia ke Masjid Istiqlal untuk bermuhasabah. “Apa yang pernah kita lakukan satu tahun ke belakang ini,” ucap Muflih, mahasiswa di Universitas Utsman Bin Affan.

 

Bermuhasabah karena Rasul pernah memerintahkan ke ummat untuk bermuhasabah atau menghisab amalan kita sebelum kita dihisab di yaumul akhir. Karena itu dia memanfaatlan malam pergantian tahun ini dengan kegiatan religi dari pada hura-hura di jalan atau pesta kembang api. “Harapannya, agar kita jadi insan lebih baik lagi ke depannya” ucap pria asal Bengkulu ini.

 

Dia awalnya tak tahu ada kegiatan malam muhasabah dan qiyamul lail di Masjid Istiqlal. Sebelumnya dia bertujuan ke Monas. Namun, ketika menyelesaikan Shalat Maghrib di Masjid Istiqlal, baru Muflih dan teman2nya tahu ada acara ini.

 

Meski mendadak tahu, Muflih dan teman2nya menginap di masjid Istiqlal. Dia katakan, kegiatan semisal ini bukan pertama diikuti di malam akhir tahu masehi. Untuk teman2 yang masih hura2 di luar, agar lebih memanfaatkan waktu dengan beribadah. “Lebih lagi menambah ilmu agama dan mendekatkan diri pada Allah SWT” ucapnya.

 

Hingga pukul 22.00 WIB, terlihat jamaah yang mendatangi masjid Istiqlal. Tidak hanya kalangan milenial laki2. Kegiatan malam yang diadakan BPPMI ini dihadiri milenial perempuan. Rahmawati, di antaranya. Dia datang ke Masjid Istiqlal karena ingin memperbaiki diri. “Saya ingin memperkuat iman saya dan memperbaiki diri ke depan” ucapnya yang akrab dipanggil Rahma.

 

Rahma mengatakan, alasan dia pilih tempat bermuhasabah di masjid Istiqlal karena Istiqlal ini masjid yang besar. “Di sini juga acaranya menarik, dan banyak yang datang sehingga bisa menguatkan ukhuwah Islamiyah” ucap Rahma.

 

Siswa di SMKN-8 Jakarta Selatan ini menyampakan kepada kalangan milenial lain, agar masa muda itu dipergunakan untuk kebaikan2. “Siapkan masa muda kita untuk masa yang akan datang,” ucapnya.

 

Di masa mendatang rintangannya lebih besar. Karena itu pemuda Islam harus menguatkan imannya dari sekarang sebelum nantinya terlambat. (Rep: mgrol118/ Red: Andi Nur Aminah; Bahan dari : https://www.republika.co.id/berita/nasional/jabodetabek-nasional/19/01/01/pkm2sq384-istiqlal-ramai-dikunjungi-milenial-di-malam-akhir-tahun)-FatchurR *

Tulisan Lainnya :

  • Tidak ditemukan tulisan
Tags

Related Articles

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *




Enter Captcha Here :

Lihat Juga
Close
Back to top button
Close
Close