Aku cinta Indonesia

Konspirasi-Rencana dan Contoh Kasus yang menghebohkan Dunia

(liputan6.com)-JAKARTA; Kebanyakan orang saat dengar atau melihat kata Konspirasi, yang terlintas pertama terkait teori atau biasa yang disebut dengan teori konspirasi. Namun, terlepas dari kata2 teori, apa maksud dari konspirasi itu sendri?

 

Dari sumber2 yang berhasil dirangkum, artikel ini membahas pengertian dari  Konspirasi dan munculnya tori yang menghebohkan publik. Berikut penjelasannya.

 

Pengertian Konspirasi Dari Berbagai Sumber

Konspirasi itu persekongkolan atau komplotan (Kamus Besar Indonesia). Konspirasi : persekongkolan sekelompok orang dalam merencanakan kejahatan yang dilakukan dengan rapi dan dirahasiakan. Pelaku konspirasi disebut dengan konspirator.

 

“konspirasi/kon·spi·ra·si/ n komplotan; persekongkolan”

Konspirasi dikerjakan mulus dan rapi sehingga orang tidak tahu. Hal ini membuat sulit membuktikan konspirasi. Orang2 mungkin hanya mampu menebak dan men-duga2 apa yang akan terjadi selanjutnya. Oleh karena itu, muncul teori konspirasi.

 

Menurut kamus Oxford atau oxford Dictionary, pengertian konspirasi itu rencana yang sifatnya rahasia yang dilakukan sekelompok orang tertentu bertujuan illegal atau merugikan pihak2 tertentu. “conspiracy (noun): A secret plan by a group to do something unlawful or harmful.”

 

Jadi, pengertian konspirasi itu tindakan yang menjelaskan penyebab tertinggi dari satu atau serangkaian peristiwa (umumnya peristiwa politik, sosial, tragedi kemanusiaan serta sejarah) adalah rahasia, dan seringi memperdayai/mengaburkan dari fakta, direncanakan dan dilaksanakan iam2 oleh sekelompok rahasia orang2 atau organisasi yang berkuasa dan berpengaruh.

 

Jenis Konspirasi

Dalam konspirasi terdapat empat jenis konspirasi, antara lain:

1-Conspiracy (civil) yaitu perjanjian yang dilakukan untuk menipu, menyesatkan atau menipu orang lain dari hak2 hokum mereka atau untuk mendapat keuntungan sepihak.

 

2-Conspiracy (criminal) yaitu perjanjian antara orang2 untuk melanggar hokum di masa depan.

3-Conspiracy (political) yaitu kesepakatan antara orang2 bertujuan mendapat kekuatan politik atau memenuhi tujuan politik.

 

4-Hub-and-spoke conspiracy yaitu konspirasi dan terdapat satu atau lebih konspirator utama yang melakukan perjanjian serupa dengan orang lain yang keberhasilannya tergantung dari orang2 yang ia ajak dalam perjanjian.

 

Tujuan dibentuknya Konspirasi

Tujuan dari konspirasi dibentuk tidak selalu sama. Tergantung kelompok2 yang memiliki kepentingan yang ingin dicapai. Secara umum konspirasi untuk menyalahkan pihak atau membuat suatu alasan.

 

Konspirasi itu terjadi mulai dari tingkatan terbawah : Lingkungan desa sampai tingkatan lebih tinggi negara, kawasan regional dan dunia. Seperti dijelaskan diawal konspirasi itu bentuk persekongkolan yang rapi dan tersembunyi sehingga sulit mencari kebenarannya sebagai bukti. Orang2 hanya sanggup menebak yang terjadi sebingga muncul istilah teori konspirasi.

 

Kemunculan Kospirasi Sebagai Teori yang Menghebohkan Masyarakat Dunia

Conspiracy Theory atau teori konspirasi itu berusaha menjelaskan rencana2 atau fakta kejahatan yang terjadi dibalik peristiwa. Kadang, konspirasi mudah dibantah dan dianggap sebagai paranoia. Memang benar, sebagian besar teori konspirasi sebagai angin lewat biasa.

 

Acuan Oxford English Dictionary menyebut teori konspiraitu “suatu terori kejadian atau gejala timbul sebagai hasil konspirasi antara pihak2 berkepentingan, khususnya suatu badan (biasanya bermotivasi politis bertujuan memberangus) yang bertanggungjawab atas kejadian yang tak terjelaskan.”

 

Teori konspirasi berhasil menghebohkan dunia dengan benar terjadi namun teori2 konspirasi omong kosong dan dianggap angin lalu. Contoh  teori konspirasi yang terjadi hingga popular sepanjang masa, antara lain: Pembunuhan John F. Kennedy yang wafat akibat tembakan ke-4 berasal dari semak belukar.

 

Pendaratan manusia di bulan yang sebagain tak percaya dan itu rekayasa NASA. Bumi itu datar yang muncul abad 19 dan popular kembali pada 2004. Serangan teroris 9/11 di AS dilakukan oleh pemerintah AS. Kematian Putri Diana yang diatur oleh Istana untuk menyelamatkan muka keluarga Kerajaan Inggris

 

Karya William Shakespeare dtulis sahabatnya, bukan dirinya. Kematian Marilyn Monroe yang bukan akibat dari overdosis obat tidur melainkan dibunuh pihak keluarga Kennedy untuk merahasiakan perselingkuhannya dengan John dan Bobby Kennedy; Michael Jackson dan Elvis palsukan kematian

Kurt Cobain Bunuh diri

 

Kebanyakan teori konspirasi cepat dibantah, tapi ada yang menyebar. Hadirnya internet dan jejaring sosial justru membuat orang lebih mudah menyebarkan teori konspirasi dan mengembangkan kelompok pengikut. Kecenderungannya orang percaya apa yang dibaca di internet dan tidak menyempatkan diri meneliti dan menemukan kebenaran.

 

Hal ini makin sering terjadi dan tentunya akan menyelewengkan kebenaran. (Reporter: Loudia Mahartika; Bahan : liputan6.com dan https://www.liputan6.com/global/read/3870348/konspirasi-adalah-suatu-rencana-dan-contoh-kasusnya-yang-menghebohkan-dunia)-FatchurR

Tulisan Lainnya :

  • Tidak ditemukan tulisan
Tags

Related Articles

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *




Enter Captcha Here :

Back to top button
Close
Close