Aku cinta Indonesia

Konsep Smart Airport Terminal-4 Soekarno Hatta

(indotelko.com)-TANGERANG; PT Angkasa Pura II (AP 2) tengah mempersiapkan penggarapan proyek terbaru pengembangan Bandara Internasional Soekarno-Hatta (BISH). Salah satunya pembangunan Terminal 4 BISH. Saat ini manajemen AP-2 akan membuka pelelangan pekerjaan desain Terminal 4 BISH.

 

Tahap ini, AP-2 menentukan konsultan yang layak mengkreasikan konsep rancangan terminal berikut basic design serta detail engineering design (DED). Presdir AP-2 Muhammad Awaluddin menjelaskan melalui pelelangan ini diharapkan dapat menjadi langkah awal meningkatkan pelayanan di BISH.

 

“Hingga saat ini BISH sudah melayani lebih dari 60 juta penumpang/tahun. Melihat tren pertumbuhan penumpang pesawat terbang yang cepat, kami lihat perlu pengembangan kapasitas bandara sehingga langkah awal lelang pekerjaan desain Terminal 4 BISH harus disegerakan” ucap Awaluddin.

 

Awaluddin menjelaskan Terminal 4 BISH rencananya akan dijadikan terminal berkapasitas 40 juta penumpang/tahun. Sehingga keseluruhannya BISH berkapasitas 110 juta penumpang/tahun. “Melihat data statistik dari World Air Traffic Forecast, Indonesia 7 besar negara yang memiliki pertumbuhan penumpang pesawat terbang tertinggi di Asia Pasifik.

 

Jadi kita harus siap melayani pengguna jasa bandara, domestik dan internasional. Nantinya Terminal 4 ini akan berkapasitas 40 juta penumpang/tahun,” jelas Awaluddin. Pekerjaan pembangunan Terminal 4 diharapkan dimulai (2021) dan rampung pada (2025), tutup Awaluddin.

 

Terminal 4 BISH mengusung Konsep Smart Airport . Nanti akan dilengkapi dengan sejumlah fasilitas  State of The Art Technology yang meliputi 3 hal yaitu Smart Mobility, Smart Security, dan juga Smart Environment.

 

Untuk fasilitas Smart Mobility seperti  self-check in counter, self-baggage drop, dll, para Penumpang dapat melakukan proses2 flow dibandara secara mandiri. Full Body Scanner X-ray serta Smart CCTV merupakan beberapa fasilitas Smart Security yang nantinya akan hadir di Terminal 4.

 

Untuk Smart Environment Terminal 4 mengusung konsep ecogreen airport seperti penggunaan Smart Grid, Intelligent Building Management System serta teknologi yang mendukung penggunaan energi baru dan terbarukan. (wn; Bahan dari : https://www.indotelko.com/kanal?c=id&it=smart-airport-terminal4)-FatchurR *

Tulisan Lainnya :

  • Tidak ditemukan tulisan
Tags

Related Articles

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *




Enter Captcha Here :

Lihat Juga
Close
Back to top button
Close
Close