Aku cinta Indonesia

Di IKN Dibangun Jalur Kereta Ini Bocorannya

(cnbcindonesia.com)-JAKARTA; Pembangunan Ibu Kota Negara (IKN) baru di Kaltim akan dilengkapi fasilitas KA cerdas. Pembangunan moda transportasi modern merupakan dukungan konektivitas di wilayah pusat pemerintahan masa depan Indonesia ini.

Dirjen Perkeretaapian Kementerian Perhubungan, Zulfikri mengatakan tiga koridor KA yang akan beroperasi di IKN baru.

Pertama, koridor Bandara Sepinggan – KIPP (Kawasan Inti Pemerintah Pusat) , dengan jarak sekitar 74 km. Kereta api ini akan mengangkut 1,62 juta orang per tahun atau sekitar 5.000 orang per hari.

Kedua, Koridor kereta api, perkotaan Balikpapan dan sekitarnya yang memiliki panjang 140 km. Diprediksi koridor ini akan mengangkut 432 ribu orang per tahun.

Ketiga, untuk regional Samarinda – Balikpapan merupakan koridor Trans Kalimantan Railway.

“Koridor KA yang bakal beroperasi di IKN masing-masing Bandara Sepinggan – KIPP bakal ditempuh selama 50 menit, dan koridor kereta antar kota untuk penumpang selama 120 menit dan untuk barang 180 menit,” kata Zulfikri dalam webinar Balitbang Perhubungan, Selasa (25/5/2021).

Dari tiga koridor ini akan dilihat mana yang akan dibangun, sesuai dengan permintaan di kawasan ibu kota itu. Menurutnya dari analisis yang dilakukan kementerian saat ini yang menjadi prioritas adalah Bandara Sepinggan sampai KIPP, disusul kereta api regional.

“Tiga koridor ini sudah disiapkan, yang sudah didesain dan direncanakan sejak lama,” jelasnya.

(hoi/hoi; Emir Yanwardhana; Bahan dari : https://www.cnbcindonesia.com/news/20210525192058-4-248400/ibu-kota-baru-mau-dibangun-jalur-kereta-ini-bocoran-rutenya)-FatchurR *

Tulisan Lainnya :

  • Tidak ditemukan tulisan
Tags

Related Articles

Leave a Reply

Your email address will not be published.




Enter Captcha Here :

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

Lihat Juga
Close
Back to top button
Close
Close