Kesehatan

Minum Air Bawang Merah Bisa meredakan Gejala Asma?

(lifestyle.okezone.com)-PENYAKIT asma tidak bisa disembuhkan, namun banyak cara alami yang dipercaya ampuh meredakan serangan asma. Salah satu yang terpopuler digunakan turun-temurun oleh orang Indonesia dengan minum air bawang merah.

 

Apa kata dunia medis soal manfaat bawang merah untuk asma? Benar ampuh atau hanya sugesti belaka?

 

Kupas Tuntas Manfaat Bawang Merah untuk Asma

Gejala asma muncul saat saluran udara (bronkus) meradang. Peradangan membuat saluran itu membengkak dan menyempit. Saat saluran udara tersumbat, Anda sulit bernapas lega karena hanya  sedikit udara yang bisa masuk ke paru2. Lantas, apa peran bawang merah ?

 

Bawang merah bisa dijadikan alternatif alami selain obat dokter membantu mengendalikan risiko kambuhan serangan asma. Pasalnya, bawang merah mengandung antioksidan tinggi, termasuk vit-C, sulfur, serta quercetin dan anthocyanin cyanidin.

 

Penelitian (2015) dimuat dalam DARU Journal of Pharmaceutical Sciences menyebutkan kesemua jenis antioksidan ini bekerja sama mengurangi efek peradangan tubuh, yang dapat melebarkan bronkus. Kandungan antiradang, antioksidan, antibakteri, dan antivirus dari bawang merah mampu membantu sistem kekebalan tubuh kerja lebih efisien melawan infeksi yang terkait paru2 dan pernapasan.

 

Salah satu jenis senyawa anti radang terbaik yang juga ditemukan di bawang merah, yaitu thiosulphinate, bahkan dilaporkan sangat efektif untuk mengurangi peradangan pada saluran pernapasan akibat serangan asma.

 

Bagaimana cara pakai bawang merah untuk Asma

Tertarik pakai bawang merah tapi khawatir bau bawang menyengat?. Demi mendapat manfaat bawang merah untuk asma, Anda hanya perlu meminum air rebusannya saja yang tentu sudah dicampur dengan bahan alami menyehatkan lainnya agar lebih mudah untuk dikonsumsi.

 

Siapkan dulu Bahan2 seperti :

 

Bawang Merah secukupnya

6-8 sdm madu

300-350 gram gula merah

2 buah jeruk lemon

5-6 gelas air matang

 

Lalu, begini cara membuat air bawang merah untuk asma:

1-Panaskan gula merah dalam panci dengan api sedang.

2-Masukkan bawang merah yang telah dicincang halus, lalu aduk sampai tercampur rata.

3-Tambahkan air matang, kemudian rebus sampai air sedikit berkurang.

4-Setelah semua campuran bahan mendidih, matikan api dan diamkan hingga agak dingin.

 

5-Masukkan air perasan jeruk lemon dan madu.

6-Simpan larutan dalam botol kaca.

7-Anda bisa meminumnya sebelum makan atau saat gejala asma dirasa akan kambuh.

 

Aturan minumnya: satu sendok makan penuh untuk dewasa, Untuk anak2 satu sendok teh. Yang perlu diingat meski bawang merah dinilai ampuh mengatasi gejala asma, bawang tidak bisa dijadikan obat mandiri menyembuhkan asma. Anda tetap perlu konsultasi dan mendapat pengobatan dari dokter, seperti inhaler, bronkodilator, atau obat minum.

 

Selain Minum air bawang-Jaga Gaya hidup Tetap sehat

Asma itu penyakit kambuhan yang tidak bisa disembuhkan. Maka selain pengobatan dari dokter dan cara2 alami seperti minum air bawang, Anda juga perlu menyesuaikan gaya hidup se-hari2 guna mencegah risiko serangan asma gampang kumat.

 

Yang terpenting dengan menghindari pemicu2 asma, seperti asap polusi dan debu, perubahan cuaca atau suhu yang drastis, stres berlebihan, makanan-minuman tertentu. Setiap orang punya pemicunya masing2, maka penting mengetahui mana hal khususnya yang memicu asma Anda.

 

OR bisa jadi perawatan mengendalikan serangan asma karena memperkuat fungsi jantung dan paru. Konsultasikan dengan dokter Anda mengenai cara olahraga yang aman bagi orang pengidap asma.

 

Jangan lupa rutin mengecek fungsi paru secara berkala menggunakan alat peak flow meter. Pemeriksaan ini bertujuan mendeteksi sedini mungkin masalah pada saluran pernapasan sebelum gejala asma menyerang. (mrt; Bahan dari : Agregasi Helllosehat.com dan https://lifestyle.okezone.com/read/2019/01/04/481/1999787/minum-air-bawang-merah-bisa-redakan-gejala-asma?page=1)-FatchurR *

Tulisan Lainnya :

  • Tidak ditemukan tulisan
Tags

Related Articles

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *




Enter Captcha Here :

Lihat Juga
Close
Back to top button
Close
Close