Kesehatan

Gejala Awal Usus Buntu yang perlu diketahui

(m.merdeka.com)- Penyakit usus buntu terjadi ketika usus buntu meradang, pecah, dan mengalami infeksi. Masalah usus buntu ini bisa berasa sakit dan bahkan harus dirawat dengan dioperasi.

 

Ber-macam2 hal bisa jadi penyebab munculnya penyakit ini. Banyak orang tak sadar, mereka mengalami masalah ini hingga kondisi makin parah. Dilansir dari Health Me Up, berikut gejala2 awal yang menandai seseorang tengah mengalami usus buntu.

 

1-Sakit di bagian Pusar

Gejala pertama usus buntu adalah rasa tak nyaman atau sakit pada bagian pusar. Rasa sakit ini akan bergerak ke perut bagian bawah secara perlahan.

 

2-Rasa Sakit yang makin parah

Awalnya rasa sakit biasa saja, namun dalam hitungan jam bisa jadi makin parah dan sangat parah. Rasa sakitnya bisa sangat intens. Biasanya seseorang kesulitan melakukan apapun ketika mengalami sakit ini.

 

3-Demam

Usus buntu biasanya ditandai demam serta munculnya rasa sakit pada bagian perut. Ketika situasi dan keadaan semakin parah, demam makin tinggi.

 

4-Mual dan Muntah

Gejala lain usus buntu adalah rasa mual disertai muntah. Awalnya hal ini terlihat seperti penyakit lain yang lebih ringan, namun jika hal ini tidak berhenti hingga lebih dari 12 jam, kita harus segera memeriksakan karena mungkin ini usus buntu.

 

5-Diare

Dalam banyak kasus usus buntu, sakit perut yang parah disertai diare. Kotorannya biasanya juga mengandung lendir. Jika ini yang terjadi, segera pergi ke dokter untuk memeriksakan diri.

 

6-Perut Kembung dan sering buang Gas

Perut kembung dan sering buang gas tak tampak seperti gejala penyakit berbahaya dan tampak seperti ketika masuk angin. Namun jika keadaan ini diikuti sakit pada perut bagian bawah, sebaiknya segera berkonsultasi ke dokter karena bisa jadi ini usus buntu.

 

7-Nyeri Perut

Untuk mengecek apakah kamu memiliki usus buntu, coba tekan perut bagian bawah sebelah kanan, kemudian lepaskan. Jika kamu mengalami rasa sakit saat tekanan dilepas, maka itu merupakan gejala usus buntu yang pecah.

 

Sejumlah gejala awal yang mudah dicek itu merupakan pertanda penyakit usus buntu. Jika memang sejumlah hal itu cukup sering kamu alami, segera periksakan dirimu untuk mengobati penyakit tersebut. (mdk/RWP; Rizky Wahyu Permana; Bahan dari : https:// /sehat/deretan-gejala-awal-usus-buntu-yang-penting-kamu-ketahui.html)-FatchurR *

Tulisan Lainnya :

  • Tidak ditemukan tulisan
Tags

Related Articles

Leave a Reply

Your email address will not be published.

*

code

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

Lihat Juga
Close
Back to top button
Close
Close