Selingan

Kakek(94) di Asal Melbourne-Raih Gelar Doktor

(internasional.kompas.com)-PERTH; Kakek(94) kini tercatat sebagai wisudawan tertua di Australia yang berhasil bergelar PhD. David Bottomley menjalani studi S3 secara paruh waktu 7 tahun. Pada (6/2/2019) dia dinyatakan lulus dari Universitas Curtin di Perth di bidang metode mengajar di ruang kelas.

 

“Saya menandatangani kontrak kuliah paruh waktu 8 tahun dan saya selesaikan setahun lebih awal,” kata Dr Bottomley kepada ABC. “Saya berkecimpung dalam kehidupan profesional 72 tahun,” ujarnya. Dia akademisi asal Melbourne yang bekerja sebagai guru sains di New South Wales pada 1946.

 

Bottomley kerja sebagai peneliti di Inggris, Australia dan Asia selama 60 tahun sebelum menyelesaikan gelar master di Universitas Melbourne. Kini dia dikaruniai 4 anak, 13 cucu dan seorang cicit. Tesis S3 Bottomley membahas metode pengajaran yang dilakukan guru2 Bahasa Inggris yang memperkenalkan sains ke dalam kurikulum dari 1816 hingga 1885.

 

“Sejarah mengajar di dunia akademis belum dihargai dengan baik” katanya. “Saya ambil lima guru terkenal abad ke-19 yang memperlakukan sains sebagai subjek penelitian,” paparnya. “Dari sini saya kembangkan pertanyaan seperti, apa fungsi ruang kelas, mengapa mengajar harus didasarkan pada kompetisi dan bukan kerjasama,” tambahnya.

 

Dalam proses bimbingan tesis, Bottomley menjalaninya melalui korespondensi dari Melbourne dengan pembimbingnya Profesor David Treagust. Meski menguasai komputer dan bisa berkomunikasi melalui email, namun dia mengaku butuh bantuan teknologi. “Saya belum menguasai perangkat teknologi yang cucu-cucuku bisa gunakan tanpa berpikir,” ujarnya.

 

Dr Bottomley mengatakan, meski bergelar doktor, itu bukan akhir pendidikannya. “Masih kurang pemahaman mengenai hal2 di masyarakat” katanya. Dia melihat kurangnya pengetahuan dan penelitian mengenai prinsip2 sains. Apa sarannya bagi mereka yang ingin kuliah kembali di usia lanjut? “Selamat mencoba bagi siapa saja yang segila saya,” tuturnya.

(Artikel ini telah tayang di Kompas.com berjudul “Kakek 94 Tahun Raih Gelar Doktor di Australia”, Editor : Ervan Hardoko; Bahan dari : ABC Australia; https://internasional.kompas.com/read/2019/02/06/20303031/kakek-94-tahun-raih-gelar-doktor-di-australia)-FatchurR *

Tulisan Lainnya :

  • Tidak ditemukan tulisan
Tags

Related Articles

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *




Enter Captcha Here :

Back to top button
Close
Close