Wisata dan Kuliner

Nikmatnya Ayam Bakar Berlumur Kopi

(lifestyle.okezone.com)-Resto yang menyajikan olahan ayam sebagai menu utama kini menjamur di mana2. Umumnya, mereka gunakan ayam sebagai bahan utama yang disajikan bersama berbagai varian sambal untuk menarik hati konsumen.

 

Bagaimana jika ayam bakar dipadu bahan yang biasanya untuk minuman? Kini ada olahan ayam unik, disebut ayam kopi, yakni ayam bakar dilumuri kopi. Potongan ayam kopi warna hitam pekat dan disajikan dengan nasi putih. Uniknya, ayam ini disajikan bersama blondo, yaitu ampas minyak kelapa yang memiliki cita rasa agak manis.

 

Ayam bakar kopi berasa berbeda dibanding ayam lain. Biasanya ayam diolah dengan rempah2 yang menciptakan rasa gurih, ayam kopi lebih manis dan unik. Meski dilumuri saus kopi, tidak meninggalkan rasa pahit di dalam daging ayam.

 

Untuk rasa lebih beragam di mulut, campurkan blondo dengan sambal bawang yang disajikan di atas meja. Rasa manis, gurih, dan pedas seakan menari di lidah. “Kalau tidak suka mencampurkan blondo dengan sambal, bisa dijadikan dressing untuk nasi” ujar Marsugih Wirawan, pemilik Ayam Baper saat ditemui di kedainya.

 

Menu ayam kopi ini bisa ditemui di kedai Ayam Baper di Jalan Kelapa Kopyor Raya Kelapa Gading, Jakarta. Jika makan ayam kopi, pesanlah minuman segar yang tak kalah uniknya, misal strawberry yakult, greentea yakult, strawberry tea, dll. Anda juga bisa mencicipi menu makanan lain yang tak kalah menggiurkan.

 

Ada ayam bakar Sumatera yang gurih dan pedas, ayam bakar bumbu Bali, ayam rica kemangi, dan ayam bakar ketumbar. Dijamin membuat Anda lapar, sesuai namanya, yaitu “Baper” yang singkatan dari “Bawaannya laper”. “Saya ingin ciptakan menu ayam rasa Nusantara. Kita punya power yang negara lain gak ada, yaitu bumbu Nusantara yang kental-kuat,” kata pria yang disapa Sugi itu.

 

Tak hanya makanan-minuman menarik. Ada minuman kopi tonik (kopi  dipadukan air tonik). Tampilannya unik karena partikel kopi dan tonik terpisah, membuat minuman ini tampilan visualnya unik. (tam; Utami Evi Riyani; Bahan dari : https://lifestyle.okezone.com/read/2019/02/12/298/2017074/mencicipi-ayam-bakar-berlumur-kopi-gimana-rasanya)-FatchurR *

Tulisan Lainnya :

  • Tidak ditemukan tulisan
Tags

Related Articles

Leave a Reply

Your email address will not be published.




Enter Captcha Here :

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

Back to top button
Close
Close