Iptek dan Lingk. Hidup

Tips Cerdas Menghemat Pengeluaran

(economy.okezone.com)-JAKARTA; Hidup hemat itu hal yang mudah diucapkan dan sulit dipraktikkan. Apalagi jika Anda selalu memiliki gaya hidup yang cenderung konsumtif. Banyak yang ingin gaya hidup hemat dengan cara menekan pengeluaran setiap harinya.

 

Namun, ada saja godaan datang dan tak jarang membuat Anda harus mengeluarkan biaya2 kurang penting. Lalu, apa cara berhemat tanpa harus membuat Anda merasa sengsara? Berikut tips pintar  menghemat pengeluaran agar tidak semakin boros.

 

1-Buat Makanan Sendiri

Semua orang butuh makanan. Sebab makanan itu kebutuhan utama. Sehingga, orang dapat bertahan hidup. Karena kebutuhan utama, tentu makanan tidak dapat dihilangkan, tapi dapat ditekan agar tidak membuat boros. Misalnya, memasak sendiri dan membawsa bekal dari rumah.

 

Cara ini terbilang lebih efektif menghemat pengeluaran. Jika Anda makan di luar rumah, pagi, siang, dan malam dan satu porsinya 20 ribu, ditotal maka pengeluaran Anda bisa mencapai Rp60 ribu setiap hari.

 

Padahal, jika Anda membuat makanan sendiri dan membawa bekal, maka biaya ini lebih dapat ditekan. Selain itu, dengan memasak sendiri, dipastikan jika makanan yang Anda konsumsi sehat dan bersih.

 

2-Matikan Sakelar Elektronik malam hari

Hitung jumlah alat listrik yang Anda miliki di rumah? Dari TV, microwave, kulkas, dll. Tanpa Anda sadari, alat2 elektronik itu tetap menggunakan listrik meski tidak digunakan. Survei oleh BPS (2012), menunjukkan 28,53% rumah tangga membiarkan alat2 elektronik tetap menyala meski tidak digunakan.

 

Kebiasaan ini membuat pengeluaran listrik membengkak. Solusinya, matikan dan lepaskan daya dari alat2 elektronik ketika malam. Cara ini menghemat pengeluaran listrik Anda hingga 5%.

 

3-Menggunakan yang sudah dimiliki

Hentikan kebiasaan beli baju atau barang lain yang sudah dimiliki. Gunakan yang Anda miliki. Jangan hamburkan uang untuk kebutuhan yang dapat ditekan. Kalau memungkinkan, Anda bisa jual barang 2 yang  masih bagus jika Anda butuh uang.

 

4-Beli barang bekas

Tidak ada salahnya beli barang bekas selagi terlihat bagus digunakan. Dengan beli barang bekas, Anda jauh lebih berhemat disbanding beli barang baru. Kini banyak  penjual barang bekas yang kualitas bagus dan layak digunakan. Mulai dari barang elektronik, furnitur, perkakas, dan masih banyak lainnya.

 

5-Hindari membeli dadakan

Ketika Anda berkomitmen bergaya hidup hemat, usahakan menahan godaan berbelanja. Kuncinya  jangan beli barang dadakan atau di luar kebtuhan bulanan kecuali sifatnya penting. Kendalikan diri dari kebiasaan berbelanja yang sifatnya tidak wajib. Mengeluarkan uang untuk hal2 kurang penting hanya karena godaan Big Sale itu pemborosan.

 

Lawan Kebiasaan penyebab pemborosan

Semua orang punya kebiasaan buruk dalam keuangan dan berdampak negatif. Mulailah mengendalikan kebiasaan itu dan cobalah mengganti dengan kebiasaan2 positif secara perlahan. Meski susah, coblaha. (ris; Bahan dari : https://economy.okezone.com/read/2018/02/22/320/1863479/tips-pintar-menghemat-pengeluaran-agar-tidak-semakin-boros)-FatchurR *

Tulisan Lainnya :

  • Tidak ditemukan tulisan
Tags

Related Articles

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *




Enter Captcha Here :

Lihat Juga
Close
Back to top button
Close
Close