Kesehatan

Jangan panik ketika tersengat Lebah

(1health.id)-Pernahkah tersengat lebah? Jika ya, mungkin Anda tahu, sakitnya luka dan bengkak yang ditimbulkan sengatan lebah. Saat tersengat, seseorang akan merasakan sakit yang tajam, bengkak, kemerahan, hingga gatal-gatal.

 

Meski bengkak akibat sengatan lebah terbilang bukan kondisi yang serius, namun beberapa kasus menunjukkan ini bisa berakibat fatal. Bisa saja mengalami kesulitan dalam bernapas saat ia tersengat lebah. Sengatan lebah juga dapat meningkatkan denyut nadi, dan menyebabkan reaksi alergi yang parah, dan bahkan menyebabkan kematian.

 

Jika Anda atau orang terdekat Anda disengat lebah, jangan lekas panik. Berikut beberapa pengobatan yang bisa Anda lakukan untuk mengatasi sengatan lebah:

 

Kompres Air Es

Saat disengat lebah madu, stinger lebah biasanya menempel di kulit. Segera lepaskan stinger dari kulit, dan keluarkan racunnya, makin cepat Anda mengeluarkan racun makin kecil risiko sengatan lebah bagi kesehatan. Setelahnya, oleskan air es pada area kulit yang tersengat dan biarkan selama 20 menit. Ini akan menghilangkan rasa sakit dan bengkak dalam beberapa jam.

 

Baking Soda

Membuat pasta dari campuran baking soda dan air dapat membantu menetralkan racun lebah, dan mengurangi rasa sakit, gatal, dan bengkak. Oleskan pasta baking soda secara tebal pada area yang mengalami sengatan, dan tutupi dengan perban. Biarkan perban ini menempel selama 15 menit.

 

Kentang Mentah atau Bawang

Jika sengatan lebah tidak menimbulkan reaksi alergi, Anda dapat mengobatinya dengan kentang mentah dan bawang. Bawang dan kentang mentah telah digunakan secara turun temurun untuk mengobati rasa sakit akibat sengatan.

 

1-Potong kentang dan bawang merah kemudian gosokkan pada bagian yang tersengat lebah.

2-Diamkan selama 10 menit dan ulangi pengobatan ini.

 

Pepaya

Pepaya adalah buah pendingin yang berguna untuk mengobati kulit Anda yang tersengat lebah. Pepaya mengandung enzim efektif yang dapat melawan peradangan dan membantu penyembuhan luka.

1-Potong pepaya menjadi potongan-potongan kecil, dan oleskan pada kulit yang tersengat.

2-Tahan selama 15 menit, dan jika rasa sakit masih berlanjut, oleskan pepaya terus menerus.

 

Madu

Madu juga menjadi pengobatan alami lainnya yang dapat meringankan rasa sakit akibat sengatan lebah. Mengoleskan madu pada luka telah terbukti menyembuhkannya secara efektif.

 

1-Ambillah satu sendok makan madu dan oleskan pada kulit yang luka atau tersengat.

2-Tutupi dengan kain kasa selama 30 menit.

3-Ulangi pengobatan ini jika madu sudah kering.

(Article By Claudia Ramadhani; Bahan dari : https://www.1health.id/id/article/category/sehat-a-z/jangan-panik-saat-tersengat-lebah,-ini-cara-mengobatinya.html)-FatchurR *

Tulisan Lainnya :

  • Tidak ditemukan tulisan
Tags

Related Articles

Leave a Reply

Your email address will not be published.

*

code

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

Back to top button
Close
Close