Islam

Menjelajahi Tempat Bersejarah saat Umrah

(lifestyle.sindonews.com)-JEDDAH; Umrah; ibadah di kota suci Mekkah, khususnya di Masjidil Haram. Pada istilah teknis syari’ah, umrah berarti melaksanakan tawaf di Ka’bah dan sa’i antara Shofa dan Marwah, setelah memakai ihram yang dipakai dari miqat. Sering disebut haji kecil.

Selama beberapa hari beribadah Umrahdi Mekkah dan sekitarnya, tak selalu diisi rutin melakukan haji kecil. Bisa juga menjelajah, melihat rekam jejak nabi2. Banyak biro perjalanan haji dan umroh mengajak calon Jemaah untuk juga menyaksikan sejarah Islam selama di sana.

Selama di Makkah dan Madinah, bisa  diajak berziarah makam Nabi Muhammad S.A.W, Shohada Baqi, dan berbagai tempat bersejarah lainnya, seperti Jabal Uhud, Masjid Quba, Kebun Kurma, Masjid Qiblatain, Jabal Rahmah dll.

 

Jabal Uhud

Lokasi ini tempat pertempuran besar ummat yang dipimpin Rosul berjumlah 700 orang melawan kaum  Quraisy sebanyak 3.000 pasukan. Di perang itu 70 pejuang jadi syuhada di antaranya, paman Nabi bernama Hamzah bin Abdul Muththalib, yang digelari Asa­Dullah wa Asadur Rasul (Singa Allah dan Rasul-Nya).

 

Masjid Quba

Ini tempat ibadah pertama yang dibangun oleh Rasulullah pada tahun 1 Hijriyah atau 622 Masehi. Tempat ibadah yang berada sekitar 5 km di sebelah tenggara kota Madinah ini adalah masjid yang dibangun atas dasar takwa karena saat itu, kondisi ummat muslim masih sangat miskin.

 

Pasar Tradisional Madinah
Bagi jemaah yang ingin membawa oleh2, Pasar tradisional Madinah merupakan tempat yang tepat untuk berbelanja. Selain lengkap harganya murah bila dibanding di Jeddah. Seperti kurma sukari misalnya, untuk 3 Kg kurma harganya  25 real. Di tempat lain harganya bisa mencapai 35-50 real.

 

Kebun Kurma
Salah satu tempat favorite di Madinah adalah Kebun Kurma. Di sini, ber-jenis2 kurma dijual. Di antaranya, kurma raja. Menariknya, sebelum beli, jemaah bisa mencicipi dulu kurma2 yang ditawarkan pedagang sehingga tidak akan menyesal setelah membelinya. Harganya sedikit lebih mahal dibanding di pasar tradisional.

 

Pasar Urban Suuq Samak

Pasar yang hanya berjarak 3 Km dari Madinah ini menyediakan berbagai macam jenis makanan khas Timur Tengah. Bagi jemaah yang ingin traveling dan merasakan pengalaman baru menyantap makanan khas negara tersebut, bisa mengunjungi pasar ini dengan menggunakan taksi.

 

Jabal Rahmah
Tempat pertemuan antara Nabi Adam dan Siti Hawa setelah berpisah 40 tahun. Bukit batu yang terletak 25 kilometer sebelah tenggara Kota Makkah atau di selatan Padang Arafah ini tempat jamaah haji berwukuf pada 9 Dzulhijah.

Di lokasi ini dibangun tugu terbuat dari beton persegi-4 dengan lebar 1,8 meter dan tingginya 8 meter yang dipercaya titik bertemunya Adam dan Hawa. Di sini banyak ditemukan coretan2 dan kertas berisi nama2. Mereka yang meletakkan nama bersama pasangannya percaya akan dikekalkan cintanya seperti Adam dan Hawa.

 

Masjid Qishas

Mengunjungi Saudi Arabia, kurang lengkap kalau belum ke Masjid Qishos. Masjid di daerah Al Balad, Jeddah ini satu2nya tempat untuk menjalankan hukuman sesuai syariat yakni, pancung, potong tangan dan rajam.

 

Di pelataran masjid ini terdapat bangunan berukuran 10 x 10 meter yang digunakan mengeksekusi para pelaku kejahatan. Sebelum dieksekusi, pemerintah kerajaan Arab Saudi biasa mengumumkan kepada publik. Tidak sedikit pelaku kejahatan yang dieksekusi oleh algojo di tempat ini.

Sumber aslinya : (tdy; Sucipto; Bahan : https://lifestyle.sindonews.com/read/1385977/156/asyiknya-menjelajahi-tempat-bersejarah-saat-umrah-1552372981)-FatchurR *

Tulisan Lainnya :

  • Tidak ditemukan tulisan
Tags

Related Articles

Leave a Reply

Your email address will not be published.

*

code

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

Lihat Juga
Close
Back to top button
Close
Close