Kesehatan

Ciri2 Seseorang Kurang Serat

(lifestyle.okezone.com)- YANG SERING kita ketahui, serat untuk melancarkan pencernaan karena ia dapat mengikat air sehingga feses mudah dikeluarkan. Untuk itu, banyak orang bilang “Jangan lupa makan2an berserat”. Bagaimana mengenali ciri2 yang kurang serat?

 

Dokter spesialis Gizi Klinis, dr. Putri Adimukti, M.Kes M.Farm, SpGK menyebutkan tubuh kurang serat bisa mudah dikenali. Tanda2nya adalah perut kembung, susah BAB (buang air besar), dan bisa juga kerap mengalami gangguan pencernaan lain.

 

“Tandanya sering kembung, buang angin sering, mual ini tanda umum ya gak cuman buat anak juga, susah BAB jadi bikin gak nyaman,” ungkap dr. Putri saat ditemui di Peluncuran Produk Fibre First di Watson Lotte Shopping Avenue.

 

Takaran serat yang dibutuhkan orang Indonesia dewasa kata dr. Putri 25- 35 gram per hari. Secara rata2 umum orang di dunia 20- 40 gram. “Kebutuhan serat range 20 – 40 kebutuhan dewasa di Indonesia 25-35 gram sehari. Kelebihan serat pada beberapa orang ada yang 40 gram kelebihan beberapa orang diatas 70,” kata dr. Putri.

 

Kandungan serat bisa didapatkan dari buah dan sayur, dan serat yang cukup membantu menurunkan berat badan, mengurangi kolesterol. Konsumsi serat dapat menurunkan berat badan, kolestrol. Jangan lupa cukupi kamdungan lainnya seperti kebutuhan air, protein dan lain-lain,” beber dr. Putri.

 

Jika sehari seseorang belum bisa mencukupi serat dari buah dan sayur, masyarakat mendapatkannya dari produk serat dan nutrisi seperti FiberFirst. Produk yang diformulasikan khusus di Jepang ini mengandung bahan alami yang berasal dari sayur, buah dan biji-bijian.

 

Kandungan yang ada di dalamnya : Psyllium husk, yaitu serat alami yang dapat membersihkan saluran pencernaan dan menurunkan kadar kolesterol dan gula darah. Selain itu terdapat juga kandungan inulin yaitu sumber gizi yang berfungsi untuk menyehatkan saluran pencernaan. (ren; Harisah Chamil; Bahan dari : https://lifestyle.okezone.com/read/2019/04/07/481/2040268/kenali-ciri-ciri-seseorang-kurang-konsumsi-serat)-FatchurR *

Tulisan Lainnya :

  • Tidak ditemukan tulisan
Tags

Related Articles

Leave a Reply

Your email address will not be published.

*

code

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

Lihat Juga
Close
Back to top button
Close
Close