Kesehatan

6 Cara Mengatasi Kaki Kram

 (1health.id)- Kaki kaku, nyeri, dan tak dapat digerakkan atau biasa disebut kram tentu menyebabkan Anda merasa tidak nyaman. Apalagi kram sering terjadi tiba-tiba, hingga membuat seseorang jadi panik. Saat panik, orang biasanya tidak tahu apa yang harus dilakukan untuk mengatasi kram.

 

Anda sebaiknya menenangkan diri Anda lebih dahulu saat kram menyerang. Dengan begitu, Anda dapat melakukan berbagai tindakan untuk mengantisipasi kram.

 

Kram hanyalah sebuah serangan, yang sebenarnya tidak terlalu membahayakan kesehatan Anda. Hanya saja rasa nyeri yang ditimbulkan akibat kram, sering membuat seseorang kesakitan dan merasa tidak nyaman. Beberapa cara yang dapat Anda lakukan untuk mengatasi kram, yaitu:

 

1-Meregangkan dan memijat bagian kaki yang kram.

2-Basuh kaki yang kram dengan air hangat. Cara ini dapat membuat otot terasa lebih relaks.

3-Kompres air dingin. Hindari meletakkan es langsung di kulit. Bungkus es dengan kain, baru tempelkan pada bagian kaki yang kram.

 

4-Minum air putih agar Anda tidak mengalami dehidrasi, yang bisa jadi salah satu penyebab kram.

5-Bila Anda pernah mengalami kaki kram sebelumnya dan pernah mengonsultasikannya pada dokter, konsumsilah obat yang pernah diberikan. Baca dengan seksama petunjuk penggunaan obat dan konsumsi sesuai dosis yang disarankan.

6-Cobalah untuk berjalan atau menggoyangkan kaki Anda.

 

Kram yang terjadi sesekali merupakan sesuatu yang normal dan tidak perlu dikhawatirkan. Namun bila Anda sering mengalami kram, bahkan hampir setiap hari, Anda sebaiknya segera berkonsultasi dengan dokter untuk mengetahui penyebabnya.

(Article By Bebby Sekarsari; Bahan dari : https://www.1health.id/id/article/category/sehat-a-z/ini-6-cara-mengatasi-kaki-kram-2.html)-FatchurR *

Tulisan Lainnya :

  • Tidak ditemukan tulisan
Tags

Related Articles

Leave a Reply

Your email address will not be published.




Enter Captcha Here :

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

Lihat Juga
Close
Back to top button
Close
Close