Kesehatan

Infeksi bakteri setelah makan kerang mentah

(health.detik.com)-Jakarta; Seorang pria di AS meninggal setelah makan kerang mentah. Pria itu diketahui terinfeksi bakteri Vibrio Vulnificus yang diketahui lazim ditemukan pada kerang. Celakanya, pria itu makan kerang yang dipesannya dari restoran.

 

Hal ini bukan pertama kali terjadi di AS, setelah di awal tahun seorang wanita mengalami kematian akibat sebab yang sama. Dinkes Sarasota County menyebut pria itu mengalami diare, nyeri perut, dan demam tinggi sehari setelah makan kerang, dan meninggal dunia keesokan harinya.

“Bakteri V. vulnificus biasa ditemukan pada makanan2 laut mentah seperti kerang dan ikan. Kami anjurkan agar makanan2 itu tidak dikonsumsi di musim panas, mengingat kepekaan bakteri terhadap cuaca,” tulis dinas kesehatan dalam laporannya, dikutip dari Daily Mail.

Vibrio vulnificus lazim ditemukan pada makanan laut. Data dari Center for Disease Control and Prevention (CDC) AS menyebut infeksi bakteri ini membunuh 100an orang tiap tahun di AS. Vibrio vulnificus kerap disebut sebagai bakteri pemakan daging, namun kurang tepat.

 

Alasannya, Vibrio vulnificus hanya bisa menginfeksi orang2 jika masuk ke tubuh lewat makanan, beda dengan bakteri pemakan daging yang bisa masuk lewat luka. (Mrs; Up; Muhamad Reza Sulaiman; Bahan dari : https://health.detik.com/berita-detikhealth/d-4124080/lagi-pria-meninggal-karena-infeksi-bakteri-setelah-makan-kerang-mentah)-FatchurR *

Tulisan Lainnya :

  • Tidak ditemukan tulisan
Tags

Related Articles

Leave a Reply

Your email address will not be published.




Enter Captcha Here :

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

Back to top button
Close
Close