Kesehatan

Cara Sahur Sehat Selama Ramadhan(1/2)

(republika.co.id)- JAKARTA — Tidak mengonsumsi makanan dan minuman sekitar 13 jam selama Ramadhan bukan perkara mudah. Agar menjaga tubuh dari kebutuhan energi, dan hidrasi, Anda disarankan memenuhi kebutuhan nutrisi selama bulan suci ini.

 

Seorang ilmuwan OR Moiz Malik dan ahli gizi Rumah Sakit Umum Changi, Debbie Thong membagikan tips sahur sehat. Berikut tujuh tips sahur bernutrisi dilansir di Mens Health.

 

 

  • Perhatikan tingkat asupan serat Anda untuk merasa kenyang sepanjang hari. Pilih makanan yang lama dicerna dalam usus sehingga memberi pasokan sumber energi lebih mantap dan membuat kenyang lebih lama di siang hari.

 

Makanan yang dapat Anda sertakan di menu sahur Anda, yakni buah2an, sayuran, biji2an (pilihlah roti gandum), gandum dan beras kasar. Biji, kacang2an, dan polong2an juga lebih baik. Jangan lupa minum saat Anda sedang makan, sebab serat menyerap banyak air dari tubuh.

 

  • Jangan lupa protein penangkal rasa lapar. Tubuh menggunakan asam amino dari protein untuk menghasilkan energi. Makanan kaya protein juga lambat pemrosesannya. Masukkan bahan berikut dalam menu makan sahur : Pilih daging merah tanpa lemak, daging unggas (tanpa kulit), dan produk susu rendah lemak. Produk kedelai, kacang2an, dan lentil juga pilihan bagus.

 

  • Konsumsi lemak dalam jumlah sedang agar tetap enerjik. Lemak membuat anda merasa kenyang dan sumber energi sangat baik untuk seseorang yang menjalankan puasa. Namun, anda harus mengonsumsinya dalam jumlah sedang. Hidari makanan dengan lemak jahat (lemak jenuh dan lemak trans), pilih lemak baik (lemak tak jenuh).

 

Masukkan ini dalam makanan Anda: gunakan minyak goreng lebih sehat saat menggoreng, seperti kanola, kedelai, jagung, bunga matahari, dan zaitun. Untuk tambahan lemak sehat, tambahkan ikan berminyak (seperti salmon, sarden, dan mackerel), sebagian besar kacang (pilih almond, kacang mete, dan hazelnut), serta alpukat.

 

(Rep: Umi Nur Fadhilah/ Red: Ratna Puspita; Bahan dari :  https://www.republika.co.id/berita/ramadhan/tips-puasa/19/05/05/pr0gni428-7-cara-sahur-sehat-selama-ramadan)-FatchurR * Bersambung………..

Tulisan Lainnya :

  • Tidak ditemukan tulisan
Tags

Related Articles

Leave a Reply

Your email address will not be published.

*

code

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

Lihat Juga
Close
Back to top button
Close
Close