Aku cinta Indonesia

Grab Dan Angkasa Pura-2 Kolaborasi Wujudkan Smart Airport

(ekonomi.bisnis.com)-JAKARTA; PT Angkasa Pura II (AP-II) dan Grab Indonesia menjalin kerja sama mengembangkan ekosistem transportasi berbasis online untuk mengembangkan bandara yang dikelolanya sebagai smart airport.

 

AP II – Grab untuk pertama kalinya di Indonesia menyiapkan inovasi penggunaan skuter listrik Grab Wheels untuk mendukung mobilitas di Terminal 3 Bandara Internasional Soekarno-Hatta. Dirut AP II Muhammad Awaluddin mengatakan Grab Wheels ini inovasi terbaru dalam meningkatkan pengalaman operasional dan pengalaman pembeli di Soekarno-Hatta.

 

“Sudah 2 unit Grab Wheels yang saat ini diuji coba di Terminal 3; hanya digunakan mendukung operasional. Dalam waktu dekat, Grab Wheels bisa digunakan para traveler untuk merasakan customer experience yang lebih baik di Soekarno-Hatta,” jelasnya melalui keterangan resmi Sabtu (18/5/2019).

 

“Sebelum bisa digunakan oleh traveler, saat ini kami tengah mengkaji standardisasi pelayanan dan keamanan. Unitnya sudah disiapkan 20 unit yang tersebar di terminal keberangkatan dan kedatangan internasional maupun domestik” imbuhnya.

 

Standar pelayanan dan keamanan yang tengah dikaji saat ini di antaranya mencakup kecepatan maksimal Grab Wheels, jalur, batasan usia pengguna, dll.

 

Rencanya, penggunaan Grab Wheels oleh traveler akan berbasis sewa dengan tarif Rp5.000 per 30 menit. Skuter matic itu bisa diaktifkan traveler dengan melakukan scan barcode di smartphone.

Grab Wheels sebagai salah satu alat alternatif alat transportasi personal dinilai tepat digunakan di Terminal 3 yang memiliki luas  430.000 m2 dengan panjang 2,4 km.

 

Terminal 3 adalah terminal penumpang pesawat terluas dan termegah di Indonesia berkapasitas 25 juta penumpang per tahun. Adapun saat ini alat transportasi personal yang digunakan untuk mendukung operasional di Terminal 3 adalah segway, rollerskate, dan sepeda.

 

Kerja sama pertama kali diwujudkan dengan tersedianya Grab Point atau titik penjemputan pelanggan GrabCar di terminal penumpang Bandara Internasional Soekarno-Hatta.

 

Setelah Soekarno-Hatta, Grab Point kini bisa dijumpai di Halim Perdanakusuma (Jakarta), Husein Sastranegara (Bandung), Sultan Syarif Kasim II (Pekanbaru), Kualanamu (Deli Serdang) dan Sultan Mahmud Badaruddin II (Palembang).

 

Tidak berhenti di sana, AP II dan Grab juga mengembangkan layanan Adels atau Airport Delivery Services. Adels itu layanan pesan antar makanan dan minuman tenant2 di wilayah Soekarno-Hatta, termasuk yang ada di terminal penumpang.

 

Wilayah pengantaran hanya di sekitar kawasan bandara, dan layanan ini sering digunakan pekerja. (Anitana Widya Puspa; Editor : Miftahul Ulum; Bahan dari : https://ekonomi.bisnis.com/read/20190518/98/924336/grab-dan-angkasa-pura-ii-kolaborasi-wujudkan-smart-airport)-FatchurR *

Tulisan Lainnya :

  • Tidak ditemukan tulisan
Tags

Related Articles

Leave a Reply

Your email address will not be published.

*

code

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

Back to top button
Close
Close