Aku cinta Indonesia

RI optimis PT PAL bisa produksi Kapal selam

Surabaya, Kompas.com-Selain melakukan kunjungan kerja ke Gresik, Menko Kemaritima Luhut Binsar Pandjaitan, juga menyempatkan diri mengunjungi PT PAL di Surabaya. Tidak hanya mengkoordinasi kerja, Luhut ingin melihat proses penyelesaian pembangunan kapal selam yang dikerjakan PT PAL, yang dipesan oleh kemenhan.

 

“Kalau memang produk dalam negeri bisa bersaing, kenapa mesti pakai produk luar? Dan melihat hasil pengerjaan kapal selama ini, saya yakin PT PAL Indonesia akan mampu bikin kapal selam sendiri,” ucap Luhut di PT PAL, Senin (20/3/2017).

 

Dalam kesempatan ini, Luhut dan rombongan berkesempatan langsung melihat proses pengerjaan kapal perang jenis Strategic Sealift Vessel (SSV), pesanan kedua Kemenhan Filipina. “Bagus pengerjaannya. Semoga bisa dikerjakan secara lancar dan dikirimkan tepat waktu,” kata dia.

 

Bengkel kapal selam di galangan PT PAL awalnya bertujuan memenuhi pesanan dari kemenhan RI. Dalam prosenya, PT PAL bekerja sama dengan pihak  Korsel membuat 3 kapal selam lebih dulu, dengan cara mendidik Sumber Daya Manusia (SDM) Indonesia untuk belajar membuat kapal selam di Korsel.

 

Dari 3 kapal selam yang disepakati, satu kapal dirakit mandiri oleh SDM dalam negeri. Untuk rencana selanjutnya, pesanan kapal dilakukan secara mandiri oleh anak bangsa. “Satu komponen kapal selam hasil kerjasama kami dengan Korsel, sudah tiba di galangan sejak 18/3/2017 lalu, dan tadi sudah dilihat sama Pak Luhut,” ujar bagian humas PT PAL, Bayu Wicaksono.

Dikatakan Bayu, PT PAL merasa senang dan semakin bersemangat setelah mendapat apresiasi dari Menko Kemaritiman. Ia pun optimistis, apa yang dicita-citakan Luhut akan mampu dilakukan, dengan membuat kapal selam secara mandiri.

 

“Kami sebelumnya telah mengirim 206 orang, untuk menjalani pendidikan pembuatan kapal selam di Korsel. Dengan harapan, mampu membangun kapal selam mandiri, karena telah memiliki infrastruktur”. (Hamzah Arfah; Aprillia Ika; http://bisniskeuangan.kompas.com/read/2017/03/21/053947226/menko.luhut.optimistis.pt.pal.bisa.produksi.kapal.selam.secara.mandiri)-FatchurR

Tulisan Lainnya :

  • Tidak ditemukan tulisan
Tags

Related Articles

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *




Enter Captcha Here :

Back to top button
Close
Close