Aku cinta Indonesia

Inalum Membangun Pabrik Pemurnian Di Kalbar

(economy.okezone.com)-JAKARTA; PT Inalum tengah membangun pabrik pemurnian alumina di Mempawah , Kalbar yang pencanangan proyeknya oleh meteri BUMN Rini Soemarno pada 4/4/ 2019.

 

Executive Advisor PT Inalum Oggy A Kosasih mengatakan, pembangunan pabrik pemurnian alumina ini  berpotensi mampu menghemat biaya bahan baku Inalum USD200 juta. Serta juga mengurangi ekspor mineral mentah sekaligus ketergantungan impor untuk sumber bahan baku dalam produksi alumunium.

 

Inalum bekerjasama dengan Antam yang dituangkan dalam pengambilalihan PT Borneo Alumina Indonesia (BAI) perusahaan yang ditugaskan membangun pabrik pemurnian alumina ini. Pembangunan pabrik pemurnian alumina ini bermanfaat, seperti mensubsitusi impor alumina yang dilakukan Inalum jadi produk alumina dalam negeri dan mengkapitalisasi nilai cadangan bauksit PT Antam.

 

“Kemudian membangun mata rantai industri hulu ke hilir yang terintegrasi dari bauksit jadi alumina dan jadi alumunium serta diharapkan mampu meningkatkan perekonomian daerah setempat tempat pabrik pemurnian alumina dibangun,” katanya dilansir dari Antaranews, (18/5/2019).

 

Dia juga menyampaikan sejak perubahan status jadi BUMN pada 19/12/2013, banyak penyesuaian dan perubahan di perusahaan ini. Dengan status Inalum sebagai BUMN, perusahaan dituntut berkomitmen dalam membangun negeri terlebih setelah ditunjuk sebagai induk holding industri pertambangan.

 

PT Inalum telah jadi induk holding industri pertambangan sejak 27/11/2018 dan berhasil mengambil alih 51,23% saham PT Freeport Indonesia pada 21/12/2018. Sehingga wilayah operasi Inalum tidak hanya di Kuala Tanjung dan Paritohan Sumut, namun meluas hingga pelosok melingkupi wilayah operasi Antam di Pomala Sulawesi Tenggara, Halmahera Timur Maluku, Pongkor Jabar dan Sanggau Kalbar.

 

Wilayah operasi Bukit Asam, di Tanjung Enim Sumsel, Wilayah operasi Timah Tbk di Pulau Kundur, Karimun, Singkep, Bangka Belitung, Banjarmasin, dan Cilegon serta wilayah operasi PT Freeport Indonesia di Tembagapura Papua.  (kmj; Bahan dari : https://economy.okezone.com/read/2019/05/18/320/2057350/inalum-bangun-pabrik-pemurnian-di-kalimantan-barat)-FatchurR *

Tulisan Lainnya :

  • Tidak ditemukan tulisan
Tags

Related Articles

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *




Enter Captcha Here :

Back to top button
Close
Close