Aku cinta Indonesia

Bandara Letung siap beroperasi dan melayani di Anambas

(finance.detik.com)-Anambas-Bandara Letung di Desa Bukit Padi, Kec-Jemaja Timur, Kabupaten Anambas, Kepulauan Riau, dinyatakan siap beroperasi menyambut para wisatawan. Kehadiran bandara ini dinilai berpotensi untuk pengembangan ekonomi daerah dari sektor pariwisata.

“Bandar Udara Letung ini penanda kehadiran negara di perbatasan Indonesia. Sekaligus berpotensi mengembangkan perekonomian daerah sekitar dengan pengembangan sektor pariwisata,” ujar Dirjen Hubdar Kemenhub, Agus Santoso, dalam keterangan tertulisnya (1/4/18).

 

Hal itu sesuai program Nawacita dari pemerintahan Presiden, terutama Cita ke 3 yaitu membangun Indonesia dari pinggiran, dan Cita ke 7 yang terkait dengan kemandirian ekonomi domestik.

Bandar Udara ini punya landasan pacu ukuran 1200 m x 30 m, taxiway ukuran 125 m x 15 m, dan apron dengan ukuran 125 m x 70 m. Selain itu sudah tersedia gedung terminal seluas 600 m2 yang dilengkapi gerbang X-ray, lahan parkir kendaraan, dan jalan akses dari dan ke bandara.

 

Agus berharap, Bandar Udara Letung bisa segera diresmikan 2018 ini. Dengan demikian, pengembangan sisi komersial bandara akan bisa lebih cepat dilakukan dan keberadaan bandara bisa makin dirasakan manfaatnya oleh masyarakat sekitar.

Bandara Letung berpotensi besar untuk dikembangkan. Untuk itu Ditjen Perhubungan Udara bekerjasama dengan Pemda setempat. Pemprov Kepulauan Riau akan berupaya agar banyak maskapai penerbangan, dari dalam dan luar negeri, membuka penerbangan dari dan ke bandara ini.

Gubernur Riau Nurdin Basirun, mengatakan di Kep-Anambas terdapat 220 pulau tempat diving spot terbaik. Salah satu pulau bernama Pulau Bawah itu tempat favorit wisatawan mancanegara karena selain sebagai spot diving yang bagus, pulau ini juga menawarkan keindahan pantainya.

 

“Kepulauan Anambas tak kalah cantik dengan Bali. Bisa dikatakan pantai2 di sini masih belum terjamah sehingga keindahan dan kelestariannya masih terjaga. Banyak wisatawan yang menikmati keindahan alam dan wisata baharinya,” ujar Nurdin.

Maskapai yang beroperasi kini : Susi Air dengan frekuensi seminggu 3x rute Batam-Letung (PP) dan Tanjung Pinang-Letung (PP). Nurdin berharap dengan diresmikannya Bandar Udara Letung akan makin banyak wisatawan ke Anambas, domestik dan mancanegara. (idr/ega;  Prima Fauzi;  Bahan dari :   https://finance.detik.com/infrastruktur/d-3947920/bandara-letung-siap-beroperasi-layani-wisatawan-di-anambas)-FatchurR

Tulisan Lainnya :

  • Tidak ditemukan tulisan
Tags

Related Articles

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *




Enter Captcha Here :

Back to top button
Close
Close