Islam

Nabi Muhammad Punya Sebutan Untuk Umatnya Yang Suka Baca Alquran

(muslim.okezone.com)-Salah satu aktivitas Ramadan yang disunahkan itu tadarus Alquran. Satu huruf Alquran yang dilantunkan diganjar 1 kebaikan dan dilipatkan 10 kebaikan. Karena itu sepatutnya umat Islam membaca Alquran. Bahkan, Nabi SAW punya sebutan khusus untuk yang gemar baca Alquran. Ada yang tahu?

 

Di buku berjudul “Buku Pintar Sains dalam Alquran: Mengerti Mukjizat Ilmiah Firman Allah” karya Dr Nadiah Thayyarah, dijelaskan, Abu Musa Al-Asy’ari mengatakan, Nabi SAW bersabda, “Perumpamaan  mukmin yang baca Alquran seperti limau, baunya harum dan rasanya enak.” (HR. Bukhari dan Muslim).

 

Menurut Ibnu Al-Qayyim, pada buah limau ada manfaat luar biasa, mulai dari kulit, daging, rasa asam, dan bijinya. Kulit limau dapat mengharumkan udara yang kurang sedap, menambah cita rasa masakan, dan dapat membantu melancarkan pencernaan jika dicampur makanan. Ada pun manfaat dagingnya ialah untuk menyejukkan perut.

 

Menurut Al-Ghafari, mengonsumsi daging buah limau bermanfaat untuk wasir. Rasa asamnya dapat mengobati sembelit, menghancurkan empedu, meredakan atau meringankan jantung berdebar, dan mengobati sakit kuning. Selain melezatkan makanan, limau bermanfaat untuk diare, serta berkhasiat  menutupi bintik-bintik di wajah.

 

Ibnu Masuyah, ahli kedokteran asal Suriah, menyatakan limau itu mampu mencegah racun mematikan jika diminum dua takaran yang sudah dikupas dan dicampur dengan air hangat. Limau juga dapat digunakan untuk mengobati memar dengan cara mengoleskannya pada kulit.

 

Berdasar data medis, limau itu kaya akan vitamin C, B1, dan B2. Kulitnya banyak dimanfaatkan di beberapa negara untuk selai. Kulitnya yang mengelurakn aroma sedap ini ternyata mengandung minyak esensial yang digunakan untuk ekspektoran dan antikudis.

 

Manfaat lain limau ini dijelaskan Ibnu Sina : Limau dapat membersihkan mata, menghitamkan kelopak mata, menghilangkan bintik2 di wajah, dan meredakan nafsu birahi perempuan jika perasan airnya diminum. Rebusan daun limau dapat meredakan bengkak, menguatkan perut, dan menguatkan usus besar. Wallahua’lam.

 

Jadi buah yang diumpamakan Nabi SAW sebagai mukmin yang suka membaca Alquran ini kaya manfaat. (hel; Muhammad Sukardi;  Bahan dari : https://muslim.okezone.com/read/2019/05/17/614/2056809/nabi-muhammad-punya-sebutan-spesial-untuk-umatnya-yang-suka-baca-alquran)-FatchurR *

Tulisan Lainnya :

  • Tidak ditemukan tulisan
Tags

Related Articles

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *




Enter Captcha Here :

Lihat Juga
Close
Back to top button
Close
Close